Mudik Lebaran

Evaluasi Mudik Lebaran 2022, Jokowi: Mayoritas Masyarakat Puas

Dari pergerakan tersebut di atas, alhamdulillah kejadian kecelakaan menurun 45 persen dibanding 2019, yaitu dari 3.199 menjadi 1.763.

Editor: Yaspen Martinus
Warta Kota/ Yolanda Putri Dewanti
Presien Joko Widodo (Jokowi) berterima kasih kepada semua pihak, atas lancarnya arus mudik dan balik Lebaran 2022. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Presien Joko Widodo (Jokowi) berterima kasih kepada semua pihak, atas lancarnya arus mudik dan balik Lebaran 2022.

Hal itu diungkapkan Jokowi pada rapat terbatas evaluasi mudik Lebaran, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (24/5/2022)

Dikutip dari laman setkab.go.id, berikut ini pernyataan lengkap Jokowi:

Pertama-tama, pada kesempatan yang baik ini saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat yang telah melaksanakan mudik dengan tertib, dan mengikuti anjuran serta aturan pemerintah.

Baik terkait dengan protokol kesehatan, terkait dengan vaksinasi, dan rekayasa lalu lintas yang kita lakukan.

Sehingga alhamdulillah, mudik kemarin berlangsung aman dan sehat tanpa ada peristiwa yang berakibat fatal, serta tidak ada penambahan kasus Covid-19 yang berarti.

Saya juga ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Polri, kepada TNI, kepada Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Kementerian Agama, Kementerian BUMN yang bekerja di lapangan.

Serta berbagai pihak yang telah berjuang keras mengatur arus mudik serta arus balik sehingga bisa berjalan dengan baik.

Untuk evaluasi kebijakan mudik Lebaran tahun 2002 ini, data yang saya miliki jumlah penumpang umum H-7 serta H+7 tahun 2022, tercatat 13 juta penumpang.

Ini menurun dibanding 2019, 16,8 juta penumpang. Terjadi ini akibat semuanya beralih pada moda kendaraan pribadi, sehingga jumlah kendaraan di jalan tol yang keluar Jabodetabek 2,6 juta.

Kendaraan di jalan non tol yang keluar dari Jabodetabek 2,4 juta, sehingga pergerakan yang meninggalkan Jabodetabek sebesar 13,3 juta orang.

Dari pergerakan tersebut di atas, alhamdulillah kejadian kecelakaan menurun 45 persen dibanding 2019, yaitu dari 3.199 menjadi 1.763.

Korban yang meninggal turun 72 persen, korban yang luka berat turun 24 persen, korban yang luka ringan turun 42 persen.

Dari survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia, mayoritas masyarakat menyatakan kepuasannya terhadap penyelenggaraan mudik Lebaran tahun ini. Saya kira ini diapresiasi oleh masyarakat.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved