Ganjar Launching Aplikasi Petroke dan Juminah RSUD Margono Soekarjo Purwokerto

Tiga aplikasi yang diluncurkan RSMS, yaitu Petroke (Penanganan Stroke) dan Juminah (Kunjungan Maring Umah).

Editor: Ahmad Sabran
HO
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo (RSMS) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA  - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, meresmikan peluncuran dua aplikasi inovasi yang dibuat RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo (RSMS) untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.

Aplikasi yang diluncurkan RSMS, yaitu Petroke (Penanganan Stroke) dan Juminah (Kunjungan Maring Umah). Dua aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Google Playstore.

"Ini mungkin dari seluruh rumah sakit di Jawa Tengah nilainya paling banyak inovasinya memang di Margono. Banyak inovasinya yang dipakai juga oleh rumah sakit lain," ujar Ganjar, Jumat (22/4/2022).

Ganjar menerangkan, Petroke memudahkan dan mempercepat penanganan pasien stroke untuk dibawa ke RSMS dalam waktu kurang dar tiga jam.

Kemudian Juminah, merupakan bagian dari pelayanan rehabilitasi medis yang memiliki peran penting dalam menunjang pemulihan fungsi tubuh pasien yang mengalami gangguan gerak, bicara, ataupun gangguan pertumbuhan.

Baca juga: Jelang Lebaran, Harga Bawang Merah Tembus Rp 40.000 per Kg

"Ada dua hal hari ini yang menurut saya inovasinya penting. Yang pertama terkait penanggulangan stroke namanya Petroke. Jadi warga yang memang kena stroke dalam waktu paling lama dibawah 3 jam itu sudah sampe Margono," terang Ganjar.

"Yang kedua, banyak sekali pasien yang sakit di rumah dan punya kendala transportasi ini ada satu transportasi namanya Juminah sebagai bagian dari kepedulian," sambung Ganjar.

Lebih lanjut, untuk mendapatkan dua pelayanan ini, Ganjar mengungkapkan caranya dengan mengirimkan pesan online ke nomor resmi RSMS.

Baca juga: Augie Fantinus Asyik Berburu Jaket dan Sweater, Rencana Ajak Keluarga Liburan ke Australia

Ganjar pun mengemukakan, Kabupaten Banyumas sudah memiliki banyak remote area. Ganjar meneruskan, kalau peningkatan pelayanan seperti ini bisa terus berjalan di daerah lain, maka akan semakin memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan.

"Kalau ada pelayanan prima semacam ini dilakukan, masyarakat akan sangat bagus. Kalau ini berjalan, ini penting untuk menjangkau remote area. Dan di Banyumas remote areanya banyak. Sehingga masyarakat dimudahkan dalam pelayanan kesehatan," tutur Ganjar.

Selain meresmikan peluncuruan aplikasi inovasi RSMS, Ganjar juga meninjau pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga atau booster di RSMS.

Ganjar Pranowo meminta masyarakat segera mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster. "Kami dorong agar (capaian) booster bisa naik secepatnya," kata Ganjar.

Menurut Ganjar vaksinasi booster penting untuk melindungi pemudik yang akan pulang ke kampung halaman maupun keluarga yang akan dikunjunginya.

"Kami membangun kesadaran masyarakat, jadi masyarakat jangan dipaksa, tapi itu penting untuk keluarga. Kami menganjurkan ayo booster agar keluarga yang dikunjungi di rumah juga merasa aman," ujar Ganjar.

 

Sebagian Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jelang Lebaran, Ganjar Minta Vaksinasi Booster Dipercepat"

Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved