Opini

Akselerasi Kebaikan Saat Ramadhan

Nominal zakat fitrah yang ditunaikan dalam bentuk uang, menyesuaikan dengan harga beras yang dikonsumsi.

Editor: Ahmad Sabran
istimewa
Dr. KH Attabik Luthfi 

Penulis : KH. Dr. Atabik Luthfi, MA – Dewan Pengawas Syariah Laznas Yakesma

Ramadhan dikatakan sebagai momentum akselerasi semua kebaikan, karena keyakinan kita, semua bulan adalah waktu untuk beribadah hingga ajal tiba.

Namun Ramadhan memiliki keutamaan yang khusus.

Khusus tentang bulan Ramadhan dengan semua keutamaan dan kemuliaannya, disebutkan satu-satunya oleh Al-Qur'an, sebagai bulan diturunkannya Al-Qur'an dan diwajibkannya puasa. Allah swt berfirman,

شَهۡرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِیۤ أُنزِلَ فِیهِ ٱلۡقُرۡءَانُ هُدࣰى لِّلنَّاسِ وَبَیِّنَـٰتࣲ مِّنَ ٱلۡهُدَىٰ وَٱلۡفُرۡقَانِۚ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهۡرَ فَلۡیَصُمۡهُۖ ...

"Bulan Ramadhan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelas atas petunjuk tersebut dan furqan (pembeda antara yang hak dan bathil). Barangsiapa yang hadir menyaksikan bulan tersebut, wajiblah ia berpuasa...." (2: 185)

Lalu jika merujuk kepada amaliah nabi saw dalam memuliakan bulan Ramadhan, nabi memprioritaskan pada tadarus Al-Qur'an di setiap malam Ramadhan.

كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ، وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ، وَكَانَ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ القُرْآنَ، فَلَرَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدُ بِالخَيْرِ مِنَ الرِّيحِ المُرْسَلَةِ

“Rasulullah saw adalah orang yang paling dermawan dan saat beliau paling dermawan adalah di bulan Ramadhan ketika malaikat Jibril menemui beliau. Malaikat Jibril senantiasa menemui beliau pada setiap malam dalam bulan Ramadhan untuk saling mempelajari Al-Qur’an. Pada saat itu Rasulullah lebih dermawan dalam melakukan amal kebajikan melebihi (cepat dan luasnya) hembusan angin.” (HR. Bukhari/769)

Baca juga: Peluncuran Baznas Hub di Laman Kitabisa.com, Beri Kemudahan Donasi Secara Digital

Kemudian ada zakat fithrah (Zakat Al-Fithr) yang bersifat wajib bagi siapapun yang hadir di bulan Ramadhan tanpa melihat penghasilan atau usia.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved