Virus Corona

Jokowi: Omicron Dapat Disembuhkan Tanpa Harus ke Rumah Sakit

Varian Omicron ini memang tingkat penularannya tinggi, namun tingkat fatalitasnya lebih rendah dibandingkan dengan varian Delta.

Penulis: Yaspen Martinus | Editor: Yaspen Martinus
Biro Pers Setpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat tetap tenang, meski kasus Covid-19 melonjak hingga lebih dari 27 ribu per Kamis (3/2/2022). 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat tetap tenang, meski kasus Covid-19 melonjak hingga lebih dari 27 ribu per Kamis (3/2/2022).

Hal itu disampaikan Jokowi di Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (3/2/2022).

Dikutip dari laman setkab.go.id, berikut ini pernyataan lengkap Jokowi:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bapak, Ibu, Saudara-saudara yang saya hormati,

Menanggapi perkembangan terkini kasus Covid-19, terjadi kenaikan hingga 27.197 kasus per hari ini, Kamis 3 Februari 2022, perlu saya sampaikan beberapa hal sebagai berikut.

Lonjakan ini sudah diperkirakan dan diantisipasi oleh pemerintah dengan kesiapan-kesiapan kita yang sudah jauh lebih baik dibandingkan tahun-tahun lalu.

Baik dari segi rumah sakit, obat-obatan dan oksigen, fasilitas isolasi maupun tenaga kesehatan, dan kondisi rumah sakit hingga saat ini juga masih terkendali.

Untuk itu, saya minta Bapak, Ibu dan Saudara-saudara semuanya untuk tetap tenang.

Varian Omicron ini memang tingkat penularannya tinggi, namun tingkat fatalitasnya lebih rendah dibandingkan dengan varian Delta.

Hal ini bisa terlihat dari kasus Covid-19 di beberapa negara, di mana tingkat keterisian rumah sakit relatif rendah.

Hal ini juga termasuk di negara kita Indonesia, meskipun kasusnya melonjak cukup tinggi, namun keterisian di rumah sakit masih terkendali.

Perlu saya sampaikan, bahwa varian Omicron dapat disembuhkan tanpa harus ke rumah sakit.

Pasien yang terpapar varian ini cukup melakukan isolasi secara mandiri di rumah, minum obat dan multivitamin, dan segera tes kembali setelah lima hari.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved