Kegiatan Pramuka

Uu Ruzhanul Soroti Kegiatan Pramuka yang Mengakibatkan Beberapa Pelajar Dirawat

Wagub Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyesali kejadian kekerasan pada kegiatan Pramuka. Itu tak boleh terulang.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Valentino Verry
Warta Kota/Joko Suprianto
Wagub Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat mengunjungi SMAN 1 Bekasi, Senin (17/1/2022). Saat datang, Uu Ruzhanul mengungkapkan kekecewaannya atas kegiatan pramuka yang makan korban. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menyoroti kegiatan pramuka yang dinamai lingkar setan yang berimbas beberapa pelajar dilarikan ke rumah sakit, karena mengalami tindak kekerasan dan perpeloncoaan.

Kegiatan yang dilakukan oleh Pramuka SMAN 1 Ciamis ini yang dinamai lingkar setan itu, dikatakan oleh Uu dilakukan diluar dari sekolah, bahkan kegiatan itu pun di luar sepengetahuan para guru. Ia pun menyayangkan adanya kegiatan itu.

Baca juga: Luhut Minta Perusahaan Kembali Terapkan WFH untuk Bantu Pemerintah Meredam Penyebaran Omicron

"Kejadian di Ciamis karena memang dilakukan disaat diluar sekolah, dia melakukan kegiatan pramuka di sekolah setengah hari, setelah itu dilanjutkan di luar, jadi di luar sepengetahuan, bahkan siswa pun mengakui itu diluar sepengetahuan guru," kata Uu Ruzhanul di Kota Bekasi, Senin (17/1/2022).

Uu sapaan Uu Ruzhanul Ulum menyangkan kegiatan yang tanpa sepengetahuan pihak sekolah itu, tetap memakai label Pramuka, bahkan saat kegiatan itu dilakukan pun para peserta Pramuka yang mengenakan seragam lengkap. Ditambah lagi ada kegiatan perpeloncoaan dalam kegiatan itu.

"Mereka memakai label pramuka, baju pramuka, kegiatan pramuka, coba saat kegiatan ada kegiatan yang diluar aturan. Akhirnya ada beberapa korban, terjadi," ujarnya.

Sejauh ini, menurut Uu, pihaknya telah menindak lanjuti kejadian itu. Pihaknya pun juga mendorong kepada orangtua korban yang mengalami tindak perpeloncoaan atau tindak kekerasan itu untuk tidak mengarah ke ranah hukum.

Sebab ia khawatir hal ini akan membuat dampak kepada para pelajar tersebut.

Baca juga: Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas Beri Sembako untuk Warga Dusun Tetep Salatiga

"Oleh karena itu, lebih baik diselesaikan secara kekeluargaan dan insyaallah pihak sekolah tidak akan lagi memberikan kebebasan kegiatan seperti itu. Jadi saya berharap tolong bisa diselesaikan di internal, khawatir nanti anak trauma kalo diselesaikan bagian hukum, karena akan minder," ucapnya.

Uu Ruzhanul Ulum memberikan Pengarahan kepada kepala sekolah se-Kota Bekasi di SMAN 1 Bekasi, Senin (17/1) pagi. Uu meminta kepada para guru untuk menekankan pesan moral kepada para pelajar.

Pengarahan kepada para kepala sekolah ini, dilakukan oleh orang nomor dua di Jawa Barat itu. Sebagai upaya pencegahan terjadi hal-hal yang negatif yang juga sempat beredar beberapa akhir minggu ini.

"Tadi saya juga memberikan pembinaan kepada kepala sekolah, karena memang ada beberapa kejadian yang akhir-akhir ini," kata Uu Ruzhanul.

Wagub Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat memberikan pengarahan kepada siwa SMAN 1 Bekasi soal kegiatan pramuka.
Wagub Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat memberikan pengarahan kepada siwa SMAN 1 Bekasi soal kegiatan pramuka. (Warta Kota/Joko Suprianto)

Beberapa kejadian yang tengah menjadi sorotan, diungkapkan Uu yaitu salah satunya peristiwa Tawuran antara pelajar yang terjadi di beberapa wilayah Jawa Barat akhir-akhir ini dan yang paling menonjol yaitu kegiatan pramuka yang di dalamnya terjadi aksi perpeloncoaan yang menyebabkan beberapa pelajar dilarikan ke rumah sakit.

"Beberapa kejadian yang akhir akhir ini, tawuran di bogor, Karawang, sukabumi dan termasuk kejadian kegiatan pramuka yang ada di Kabupaten Ciamis," katanya 

Maka, atas kehadiran di Kota Bekasi dan bertemu dengan seluruh Kepala Sekolah untuk meningkatkan pengawasan kepada peserta didiknya, namun tanpa mengurangi kreatifitas peserta didik di sekolah. Selain itu ia juga mendorong agar pesan moral dapat terus disampaikan oleh seluruh guru yang ada.

Baca juga: Usai Diperiksa Sebagai Tersangka, Sosialita Medina Zein Bakal Menjalani Operasi, Selasa (18/1/2022)

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved