Breaking News:

Gempa Banten

Pemprov Banten Terjunkan Tim Ke Sejumlah Titik Terdampak Gempa, Kerusakan Bangunan Masih Didata

Gubernur Banten mengungkapkan, di beberapa titik wilayah yang rawan gempa Pemprov Banten sudah menggalakkan program rumah tahan gempa.

Penulis: Andika Panduwinata | Editor: Feryanto Hadi
istimewa
Rumah warga di Lebak rusak akibat gempa di Banten Jumat sore 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG - Gubernur Banten Wahidin Halim mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Banten telah menerjunkan tim ke sejumlah lokasi terdampak bencana gempa untuk memantau dan mendata kerusakan dari gempa berkekuatan magnitudo 6,7 skala richter sore tadi, Jumat (14/1/2022).

Hal itu dilakukan belajar dari peristiwa sebelumnya, Pemprov Banten sudah mempersiapkan berbagai skema dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana alam yang dimungkinkan terjadi di wilayah Provinsi Banten. 

"Sampai saat ini kami masih mendata berapa jumlah kerusakan bangunan rumah dan yang lainnya di lokasi," ungkap pria yang disapa WH itu.

Baca juga: VIRAL, Ibu-ibu Berpakaian PNS di Sumut Joget Sambil Mabuk, Diduga Dilakukan di Rumah Kadis Kesehatan

"Gempa yang sering terjadi beberapa tahun terakhir dengan kekuatan yang tidak terlalu besar ini merupakan bentuk cicilan gempa, sehingga potensi gempa besar yang diprediksi oleh para ahli tidak terjadi. Mudah-mudahan ini gempa terakhir," sambungnya.

Selain itu, lanjut WH, belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, saat ini kesiapsiagaan Pemprov Banten terus ditingkatkan.

Termasuk berbagai skema pencegahan seperti mengoptimalkan selter yang ada, early warning sistem yang sudah berjalan dengan baik, penyediaan titik-titik evakuasi serta berbagai sosialisasi evakuasi kepada masyarakat. 

Baca juga: Gempa Banten, Rumah dan Sekolah di Lebak Ambruk, 1 Korban Luka-luka

"Masyarakat di lokasi bencana juga sudah diamankan di tempat-tempat evakuasi yang sudah disediakan oleh kami. Selain itu kami juga sudah menerjunkan tim ke lokasi bencana," ujarnya. 

Hal itu dilakukan, lanjutnya, sebagai bentuk ketanggap bencanaan yang dilakukan Pemprov Banten yang bekerjasama dengan Pemda setempat. 

WH juga mengungkapkan, di beberapa titik wilayah yang rawan gempa Pemprov Banten sudah menggalakkan program rumah tahan gempa.

Program itu sudah dilakukan sejak tiga tahun terakhir dan sampai saat ini masih terus dilakukan. 

Baca juga: Info Gempa Susulan di Banten, Berkekuatan Magnitudo 5,7, Warga Diimbau Hindari Bangunan Retak

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved