Pastikan Tak Ada Lonjakan Covid 19 Pasca-Nataru, Kapolri Terjun Cek Prokes di Taman Safari Bogor

Salah satu yang menjadi perhatian Sigit adalah penggunaan aplikasi PeduliLindungi di pintu masuk tempat wisata.

Istimewa
Kapolri Jenderal listyo Sigit saat cek prokes penggunaan aplikasi peduliLindungi 

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR -- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terjun langsung mengecek penegakan penerapan protokol kesehatan (prokes) di sejumlah lokasi wisata. Salah satunya adalah di Taman Safari Indonesia, Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/12/2021)

Usai meninjau akselerasi percepatan vaksinasi se-Indonesia, Sigit menyempatkan diri untuk menuju pintu gerbang utama kebun binatang tersebutl, guna memastikan penerapan prokes telah berjalan dengan ketat bagi masyarakat yang berkunjung. 

Salah satu yang menjadi perhatian Sigit adalah penggunaan aplikasi PeduliLindungi di pintu masuk tempat wisata.

Ia turut mengakses langsung aplikasi tersebut guna memastikan bahwa proses screening bagi masyarakat tersedia dan berjalan sebagaimana mestinya. 

"Maaf bu ya, maaf ganggu. Gak apapa ya. Di scan disini ya, Barcode aplikasi PeduliLindungi-nya," kata Sigit saat mengecek gerbang utama Taman Safari Indonesia seraya meminta maaf kepada masyarakat yang hendak berwisata, Kamis (23/12/2021).

Pengecekan langsung ini sebagai upaya untuk memastikan periode libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) berjalan dengan aman serta menerapkan prokes yang ketat.

Dengan harapan, tidak terjadinya lonjakan laju pertumbuhan Covid-19 pasca-Nataru.

Baca juga: Gol Sundulan Syarif Wijianto Antar PSIM Yogyakarta ke Semifinal Setelah Kalahkan Sulut United 1-0

Baca juga: PHRI Sebut Ada 7.266 Kamar Yang Dapat Digunakan Sebagai Lokasi Karantina Mandiri

Baca juga: Pemkot Tangerang Siapkan Santunan Bagi Warga Terdampak Pohon Tumbang

Sigit tak sendiri. Ia mengecek bersama dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dan Kasum TNI Letjen Eko Margiyono. 

Sigit juga mendengar proses penerapan prokes yang diterapkan oleh pihak pengelola dari Taman Safari Indonesia.

Dalam hal ini, pengunjung akan dilakukan pengecekan suhu, mengakses aplikasi PeduliLindungi, kendaraan pengunjung pun akan disemprot cairan disinfektan sebelum memasuki tempat wisata itu. 

Kapolri Jenderal Listyo Sigit di Bogor
Kapolri Jenderal Listyo Sigit di Bogor (Istimewa)

Baca juga: Minim Anggaran, Mensos Risma Gandeng Kitabisa.com untuk Biaya Pengobatan Raisya

Baca juga: Polrestro Jaksel Kerahkan 1.141 Personel, Polrestro Jakbar Perketat Pengamanan di 135 Gereja

Baca juga: Widodo Cahyono Putro Beri Tips Buat Striker Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Setelah pengecekan di tempat wisata, mantan Kapolda Banten itu bersama rombongan Menteri juga meninjau persiapan Operasi Lilin pada pos pengamanan dan pos pelayanan di posko simpang Gadog, Jawa Barat. 

Posko simpang Gadog diketahui memiliki tugas penting dalam menghadapi libur Nataru.

Pasalnya, jalur tersebut merupakan akses untuk masyarakat menuju kawasan Puncak yang dikenal sebagai salah satu lokasi wisata favorit warga dalam menghabiskan waktu liburnya. 

Dalam pengarahannya di posko simpang Gadog, eks Kabareskrim Polri itu meminta kepada jajarannya dan pihak terkait untuk memastikan melakukan antisipasi kemacetan dan penegakan prokes terhadap masyarakat. 

Baca juga: Bepe: Persija Hadapi Putaran Kedua Liga 1 Berlatih di Sawangan, 4 Januari Baru Bertolak ke Bali

Baca juga: Menjelang Perayaan Tahun Baru, Polisi Gagalkan Peredaran 147,143 Kilogram Sabu

Baca juga: Polrestro Jaksel Kerahkan 1.141 Personel, Polrestro Jakbar Perketat Pengamanan di 135 Gereja

"Karena memang saat ini tugasnya ada dua, bagaimana mengantisipasi kemacetan supaya mobilitas masyarakat bisa berjalan. Tapi penegakan prokes juga menjadi prioritas. Oleh karena itu Pak Kapolda (Jawa Barat) tolong pastikan seluruh anggota bawa maskernya tidak hanya untuk dirinya sendiri, tapi juga siapkan ada masker yang bisa dibagikan ke masyarakat," ujar Sigit. 

Sigit juga meminta untuk memastikan tidak ada kerumunan masyarakat di saat libur Nataru. Selain itu, Sigit mengingatkan untuk personel TNI-Polri menyiapkan segala kebutuhan untuk menghadapi potensi bencana alam yang sewaktu-waktu bisa terjadi. 

"Kedua, soal bencana alam ini tolong dilengkapi. Manakala tiba-tiba ada masalah bencana seperti, banjir, longsor, dan pohon tumbang kelengkapan untuk langkah-langkah cepat penanganan bencana tolong dicek dan pastikan siap digunakan," kata Sigit.(bum)

 

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved