Breaking News:

Reuni 212

Kabid Humas Polda Metro Jaya Ancam Angkut Panitia Reuni 212 Apabila Nekad Kumpulkan Massa

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan mewanti-wanti Panitia Reuni 212 untuk tak melawan kebijakan negara. Jika ngotot terpaksa diangkut.

Penulis: Desy Selviany | Editor: Valentino Verry
Warta Kota
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol E Zulpan menegaskan panitia Reuni 212 jika tetap menggelar aksi akan ditindak tegas. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Panitia pelaksana reuni 212 akan dipidanakan apabila tetap ngotot mengumpulkan massa di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Gambir, Jakarta Pusat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol E Zulpan mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan upaya persuasif terlebih dahulu apabila ada massa yang datang ke Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Kamis (2/12/2021).

"Kalau dia datang perorangan tentu kita imbau tidak melakukan aktivitas. Tetapi kalau dia berkelompok tentu pimpinan kelompoknya Nanti yang akan diberikan pencerahan dulu," ujarnya di Mapolda Metro Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, Rabu (1/12/2021).

Baca juga: Munarman: Kasus Saya Ini Adalah Fitnah Besar

Namun kata Zulpan, apabila warga tetap ngotot melakukan aksi maka pidana akan menjerat para peserta.

Pasal yang disangkakan ialah Pasal 212 KUHP tentang melawan pegawai negeri yang laksanakan kegiatan sah dan Pasal 218 KUHP tentang penolakan pembubaran kerumunan.

Selain itu, peserta aksi juga akan dijerat  Undang-undang kekarantinaan apabila tetap datang melakukan kegiatan pada acara tersebut.

"Di samping KUHP yang kami gunakan ada undang-undang karantina kesehatan nomor 6 tahun 2018 yang isinya setiap orang wajib jalani peraturan kekarantinaan apabila melanggar maka akan dikenakan sanksi hukum," bebernya.

Meski aksi dilarang, kepolisian akan tetap menyiagakan keamanan di sekitar Patung Kuda Arjuna Wiwaha.

Pihak Ditlantas Polda Metro Jaya bersama dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas apabila reuni 212 benar-benar dilakukan.

Baca juga: Buruh Karawang Kecewa Ingin Gugat Ridwan Kamil karena tak Menaikkan UMK

Sebelummya Polda Metro Jaya menegaskan tak memberikan izin reuni 212 di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved