Breaking News:

Pendidikan

Hadiri Wisuda INAIS, Ade Yasin Ingatkan Wisudawan Siap Bersaing Hadapi Bonus Demografi

Bupati Bogor Ade Yasin menghadiri acara Wisuda IV Program S1 dan Wisuda I Program S2 Institut Agama Islam Sahid (INAIS) Bogor, di Padepokan Sahid

Penulis: Hironimus Rama | Editor: Lilis Setyaningsih
Warta Kota/Hironimus Rama
Bupati Bogor Ade Yasin menghadiri acara Wisuda IV Program S1 dan Wisuda I Program S2 Institut Agama Islam Sahid (INAIS) Bogor, di Padepokan Sahid, Pamijahan, Senin (29/11/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, PAMIJAHAN - Bupati Bogor Ade Yasin menghadiri acara Wisuda IV Program S1 dan Wisuda I Program S2 Institut Agama Islam Sahid (INAIS) Bogor, di Padepokan Sahid, Pamijahan, Senin (29/11/2021).

Ade berpesan kepada para wisudawan agar siap bersaing menghadapi bonus demografi tahun 2045 mendatang.

"Tahun 2045 akan terjadi bonus demografi atau meledaknya para pencari kerja pada umur-umur seperti lulusan S1 dan S2. Jika kita persiapkan dari sekarang, bonus demografi itu tidak perlu ditakuti," kata Ade, Senin (29/11/2021).

Menurut dia, bonus demografi itu adalah tantangan, sehingga kita harus siap menghadapinya dengan bekal ilmu yang cukup, dan keinginan yang kuat untuk sama-sama maju.

Baca juga: Rektor INAIS: Pandemi bisa Menyebabkan Terjadinya lost of generation.

Baca juga: Selama Pandemi, Berbagai Lembaga Paud Hadapi Banyak Tantangan untuk Bertahan

“Para lulusan INAIS telah banyak ditempa sehingga memiliki kapasitas intelektual sekaligus spiritual yang baik. Jadi Insyaallah siap menghadapi tahun 2045," ujarnya.

Politisi PPP ini meminta para sarjana tamatan baru agar terus menaburkan ilmu dan kebaikan agar manfaat bagi masyarakat.

"Sebagai sarjana, Anda harus dapat benar-benar memberi makna bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat sesuai dengan hakikat Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ungkap Ade Yasin.

Institut Agama Islam Sahid (INAIS) Bogor melakukan Wisuda IV Program S1 dan Wisuda I Program S2  di Padepokan Sahid, Pamijahan, Kabupaten Bogor pada Senin (29/11/2021).
Institut Agama Islam Sahid (INAIS) Bogor melakukan Wisuda IV Program S1 dan Wisuda I Program S2 di Padepokan Sahid, Pamijahan, Kabupaten Bogor pada Senin (29/11/2021). (Warta Kota/Hironimus Rama)

Dia juga mendorong para lulusan perguruan tinggi supaya tidak hanya mencari kerja tapi juga berupaya untuk menjadi entrepreneur, berwirausaha, mengembangkan ekonomi kreatif, membuka lapangan kerja bagi dirinya dan masyarakat di sekitarnya.

“Banyak juga para pemuda yang berhasil mengembangkan kemampuannya sesuai skill di bidang ekonomi kreatif. Saya lihat sendiri, temui sendiri, ada seorang anak muda di Kabupaten Bogor yang sukses dalam budidaya tanaman hias di daerah Ciseeng. Dia mengembangkan ilmu dan pengetahuannya hanya dengan membaca buku,” kata Ade.

Baca juga: Universitas Prasetiya Mulya dianggap Mampu Ciptakan Ekosistem yang Menumbuhkan Jiwa Wirausaha

Pemkab Bogor membuka kesempatan seluas-luasnya kepada pemuda di Kabupaten Bogor mendapatkan beasiswa.

"Tahun ini kami membuka 1.200 beasiswa untuk pemuda berprestasi. Alhamdulillah dari 1.200 yang mendaftar 8.000 berarti peminatnya cukup banyak," papar Ade.

Para peraih beasiswa ini, lanjutnya, tidak hanya berprestasi di bidang akademik, tetapi juga prestasi di bidang lain seperti menghafal Al Qur’an lima juz, prestasi di bidang seni, olahraga dan lain-lain.

Institut Agama Islam Sahid (INAIS) Bogor melakukan Wisuda IV Program S1 dan Wisuda I Program S2  di Padepokan Sahid, Pamijahan, Kabupaten Bogor pada Senin (29/11/2021).
Institut Agama Islam Sahid (INAIS) Bogor melakukan Wisuda IV Program S1 dan Wisuda I Program S2 di Padepokan Sahid, Pamijahan, Kabupaten Bogor pada Senin (29/11/2021). (Warta Kota/Hironimus Rama)

"Jadi ini untuk memudahkan para pemuda mengakses beasiswa,” tambah Ade.

Ade menjelaskan, beasiswa ini untuk seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia. Namun untuk perguruan tinggi swasta, Pemkab Bogor batasi hanya untuk di wilayah Kabupaten dan Kota Bogor.

"Mahasiswa INAIS yang ada di Kabupaten Bogor bisa mendapatkan beasiswa ini.  Silahkan diakses pada tahun 2022 ini, mudah-mudahan ada kesempatan untuk mendapatkan beasiswa, gratis uang kuliah selama empat tahun," pungkasnya. (Ron)

Sumber: Tribun Bogor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved