Breaking News:

Banjir Jakarta

Targetkan Kawasan Kelapa Gading Bebas Banjir Akhir Tahun 2022, Pembangunan Polder Dimulai

Polder Artha Gading yang berada di area Kali Sunter tersebut dibangun pada area seluas 70 hektar, dan ditargetkan mulai beroperasi pada November 2022

Wartakotalive.com/Junianto Hamonangan
Kasi Pemeliharaan Drainase Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara, Yusrid Suryanegara.  

WARTAKOTALIVE.COM, KELAPAGADING -- Pembangunan Polder Artha Gading di ujung Jalan Boulevard Artha Gading, Kelapa Gading, Jakarta Utara dilakukan untuk mewujudkan target tahun 2022 di kawasan tersebut bebas dari banjir.  

Kasi Pemeliharaan Drainase Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara, Yusrid Suryanegara mengatakan, polder ini adalah sistem pengendali banjir dengan berbagai kelengkapan. 

Polder Artha Gading yang berada di area Kali Sunter tersebut dibangun pada area seluas 70 hektar, dan ditargetkan mulai beroperasi pada November 2022 mendatang.

“13 bulan kontrak dan diharapkan pengerjaannya bisa dipercepat,” ucapnya, Kamis (25/11/2021). 

Menurut Yusrid, kehadiran polder ini diharapkan bisa membuat kawasan Kelapa Gading terbebas dari banjir pada akhir tahun 2022 mendatang.

“Dengan terbangunnya polder ini, nanti kawasan Kelapa Gading dan sekitarnya terbebas dari banjir, mungkin nanti hanya genangan yang dalam 3-4 jam bisa teratasi,” ungkap Yusrid. 

Baca juga: Rekayasa Lalu Lintas di Kelapa Gading Akibat Ada Pembangunan Polder Artha Gading

Baca juga: Cegah Banjir, Dinas BMSDA Kota Bekasi Kebut Proyek Pembangunan Dua Polder Kali Cakung

Untuk sarana dan prasarana Polder Artha Gading mulai dari dua rumah pompa berkapasitas tujuh meter kubik per detik, sheet pile Kali Sunter dan Kali Gendong segmen Artha Gading. 

Selain itu ada sistem pintu air di lima titik hingga ke Kali Betik, Kelurahan Pegangsaan Dua.

Ada juga pembangunan sheet pile Kali Sunter dan Kali Gendong untuk segmen Artha Gading. 

“Hal itu untuk memperbesar daya tampung air saat terjadi hujan lokal maupun air kiriman dari hulu. Pembangunan Polder Artha Gading ini satu paket terbangun semua,” tuturnya. 

Baca juga: Dikepung Banjir Lokal, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi Tambah Bangun 6 Polder

Lebih jauh Yusrid mengatakan Polder Artha Gading termasuk dalam program prioritas Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta dalam penanganan banjir di kawasan Kelapa Gading dan sekitarnya.

“Ini merupakan program prioritas dari Dinas SDA DKI Jakarta untuk penanganan banjir di kawasan Kelapa Gading dan sekitarnya,” ucapnya. (jhs)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved