Breaking News:

Berita Jakarta

Bersifat Rahasia, FEO Tolak Beberkan Biaya Komitmen Formula E di Ibu Kota

Bersifat Rahasia, FEO Tolak Beberkan Biaya Komitmen Formula E di Ibu Kota. Berikut Selengkapnya

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Dwi Rizki
Tribunnews/Irwan Rismawan
Kepala Inspektorat DKI Jakarta, Syaefuloh Hidayat (kiri) didampingi mantan pimpinan KPK, Bambang Widjojanto (kanan) memberikan keterangan kepada wartawan usai bertemu Pimpinan KPK di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (9/11/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, MENTENG - Formula E Operations (FEO) menolak membeberkan biaya komitmen (commitment fee) Formula E yang digelar di DKI Jakarta pada Juni 2022 mendatang.

Alasannya, biaya tersebut bersifat rahasia.

“Fee-nya tidak bisa dibuka karena sifat rahasia, tetapi saya bisa yakinkan Jakarta tidak membayar lebih dari yang dibayarkan kota-kota lain,” kata Co Founder FEO, Alberto Longo.

Hal itu dikatakan Alberto Longo saat jumpa pers di gedung Blackstone, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu (24/11/2021) malam.

Dalam kesempatan itu hadir Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo alias Bamsoet dan Sekjen PP IMI Ahmad Sahroni.

“Kita paham Formula E adalah kejuaraan dunia dan ini harganya sangat mahal. Jadi untuk satu balapan satu hari, itu biayanya 25 juta dollar (Amerika Serikat). Tidak termasuk juga investasi seperti jalanan, materi untuk jalur atau tracknya,” ujar Alberto Longo.

Baca juga: Bamsoet Tegaskan Formula E Sangat Penting untuk Edukasi Masyarakat Soal Kendaraan Listrik

Baca juga: Bamsoet Ingin Jokowi Dilibatkan Memilih Lintasan Formula E, Anies Tak Setuju: Ya Enggak Bisa Lah

Kata dia, masyarakat Indonesia harusnya berbangga karena Jakarta bernegosiasi untuk bisa menyelenggarakan turnamen ini. Karena itulah, Formula E sangat tertarik datang ke Jakarta untuk berinvestasi di Ibu Kota.

“Terkait Fee, Jakarta pada dasarnya tidak membayar lebih dari kota-kota lain. Pada intinya nanti investasi akan kembali lagi ke negara dan kami mengundangkan partisipasi dari Anda semua untuk menyukseskan acara ini,” jelasnya.

Seperti diketahui, ajang balap Formula E yang sedianya digelar di Kawasan Monas, Jakarta Pusat pada Juni 2020 lalu terpaksa ditunda akibat wabah Covid-19. Pemprov DKI Jakarta telah membayar duit komitmen Formula E sebesar 31 juta pound sterling atau Rp 560 miliar pada 2019 dan 2020 lalu.

Rinciannya Rp 360 miliar dibayarkan pada Desember 2019 untuk komitmen penyelenggaraan tahun 2020. Kemudian Rp 200 miliar dibayar pada tahun 2020 untuk komitmen penyelenggaraan tahun 2021. 

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved