Breaking News:

Pilpres 2024

Pilpres 2024, Survei SMRC: Dukungan Publik kepada Prabowo untuk Jadi Presiden Menurun, Ada Apa?

Survei yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting menyebutkan, dukungan publik kepada Prabowo Subianto untuk menjadi Presiden menurun.

Kemhan
Direktur Riset SMRC Deni Irvani mengatakan, dalam simulasi pilihan semi-terbuka, Prabowo mendapat dukungan 18,1 persen, disusul Ganjar Pranowo 15,8 persen dan Anies Baswedan 11,1 persen. Foto dok: Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam acara Webinar Dharma Wanita Persatuan Kemhan dengan tema “Bela Negara Dimasa Pandemi” di Jakarta, Senin (16/8/2021).Jakarta. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Nama Prabowo Subianto masih mendapat dukungan publik untuk maju dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2024, membayangi nama calon presiden lain yang belakangan santer namanya beredar di masyarakat.

Beberapa nama itu, antara lain, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Menparekraf Sandiaga Uno.

Namun dalam survei yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebutkan, dukungan publik kepada Prabowo Subianto untuk menjadi Presiden mengalami penurunan.

Sebaliknya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menurut hasil survei SMRC, mengalami peningkatan dukungan publik.

Hal itu merupakan hasil temuan survei opini publik terbaru SMRC bertajuk "Partai dan Calon Presiden: Kecenderungan Sikap Pemilih Menjelang 2024" yang dirilis secara daring, di Jakarta, Kamis.

Direktur Riset SMRC Deni Irvani mengatakan, dalam simulasi pilihan semi-terbuka, Prabowo mendapat dukungan 18,1 persen, disusul Ganjar Pranowo 15,8 persen dan Anies Baswedan 11,1 persen.

Baca juga: Pilpres 2024: Ridwan Kamil Pertimbangkan Bergabung ke Partai Politik, Siap-siap Nyapres?

Baca juga: Pilpres 2024, Relawan Sahabat Ganjar Serukan Dukungan untuk Ganjar Pranowo di Bukit Kesdari NTT

Sementara Sandiaga Uno mendapatkan 4,8 persen dan nama-nama lain di bawah 4 persen, sedangkan yang tidak menjawab atau tidak tahu 16,3 persen.

Deni menjelaskan dari Maret 2020 ke September 2021, dukungan kepada Ganjar Pranowo dalam simulasi semi terbuka naik dari 6,9 persen menjadi 15,8 persen.

Dukungan untuk Anies Baswedan sedikit naik dari 10,1 persen menjadi 11,1 persen.

Sementara dukungan kepada Prabowo Subianto cenderung melemah dari 19,5 persen menjadi 18,1 persen.

Baca juga: Pilpres 2024, Parwa Institute: Gerindra Berpeluang Usung Sandiaga Uno, Bagaimana Peluang Prabowo?

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved