Breaking News:

Pilpres 2024

Pilpres 2024, Parwa Institute: Gerindra Berpeluang Usung Sandiaga Uno, Bagaimana Peluang Prabowo?

Partai Gerindra berpeluang mengusung Menparekraf Sandiaga Uno di Pemilihan Presiden 2024 karena memiliki elektabilitas yang tinggi.

Istimewa
Direktur Eksekutif Parwa Institute Muh Jusrianto menyebutkan, elektabilitas Sandiaga Uno selalu masuk lima teratas di beberapa hasil survei selama Mei-Agustus 2021. Elektabilitas Sandiaga semakin melejit usai menduduki jabatan menteri. Foto dok: Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno  pernah berpasangan sebagai calon Presiden dan calon Wakil Presiden dalam Pemilihan Presiden 2019 berhadapan dengan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Pascapilpres 2019 dan Jokowi-Amin keluar sebagai pemenang kontestasi Pilpres, Partai Gerindra yang mengusung Prabowo-Sandi bukannya beroposisi seperti lazimnya peta perpolitikan selama ini dengan pemerintah, melainkan justru bergabung di Kabinet Indonesia Maju.

Hal itu bisa terjadi lantaran Prabowo Subianto kemudian menerima pinangan Jokowi untuk menduduki poisisi sebagai Menteri Pertahanan.

Kemudian di tengah perjalanan, giliran Sandiaga Uno yang menerima penunjukkan dirinya sebagai Menparekraf menggantikan posisi Wishnutama Kusubandio.

Begitulah, dalam politik yang berlaku adalah adagium 'tidak ada lawan abadi, yang ada adalah kepentingan abadi'. Akhirnya, yang dulunya seteru, berbalik menjadi mitra.

Lalu, bagaimana dengan peta persaingan politik di Pilpres 2024 mendatang?

Baca juga: PKS Wacanakan Duet Anies-Sandi di Pilpres 2024, Ferdinand: Jangan Dengerin Godaan PKS, Bang Sandi

Baca juga: Partai Gerindra Deklarasikan Dukungan Prabowo Subianto Jadi Capres dalam Pilpres 2024 di Lampung

Menurut Direktur Eksekutif Party Watch (Parwa) Institute Muh Jusrianto menyebutkan, Partai Gerindra berpeluang mengusung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 karena memiliki elektabilitas yang tinggi.

"Elektabilitas Sandiaga Uno selalu masuk lima teratas di beberapa hasil survei selama Mei hingga Agustus 2021. Elektabilitas Sandiaga semakin melejit usai menduduki jabatan menteri," kata dia melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (26/9/2021).

Pada 15 Agustus 2021 Indonesia Political Opinion (IPO) melakukan survei dan menempatkan Sandiaga di urutan ketiga dengan nilai 13,5 persen.

Kemudian pada 14 Juni 2021, hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), elektabilitas Calon Wakil Presiden 2019 yang berpasangan dengan Prabowo Subianto tersebut berada di urutan keempat dengan perolehan 6,9 persen.

Baca juga: Gelar Silaturahmi Partai Politik Menjelang Pilpres 2024, Sekjen PBB Afriansyah Noor: Perkuat Partai!

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved