Prakiraan Cuaca

UPDATE Prakiraan Cuaca Jakarta Sabtu 2 Oktober, BMKG: Ibu Kota Berawan, Hanya Jaksel Hujan Ringan

BMKG menyebutkan, cauaca Ibu Kota berawan, hanya Jakarta Selatan yang berpotensi mengalami hujan ringan pada siang hari Sabtu (2/10/2021) ini.

Warta Kota/ Muhamad Fajar Riyandanu
BMKG memprakirakan, hari ini, Sabtu (2/10/2021), cuaca Ibu Kota berawan, termasuk di sejumlah destinasi wisata seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Foto dok: Suasana Lapangan Gedung Sasono TMII, Cipayung Jakarta Timur pada Minggu (19/9/2021), sore. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Memasuki akhir pekan pertama di bulan Oktober 2021, cuaca Ibu Kota Jakarta hari ini diprakirakan akan mengalami cuaca cerah berawan di sepanjang hari.

Dikutip dari laman bmkg.go.id yang berlaku pada Sabtu (2/10/2021) hari ini hingga Minggu (3/10/2021) dini hari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika  atau BMKG menyebutkan, hanya Jakarta Selatan yang berpotensi mengalami hujan ringan pada siang hari ini.

Namun untuk wilayah lain di Indonesia,  BMKG memperingatkan adanya potensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat yang dapat terjadi di beberapa wilayah Indonesia seperti di daerah Pulau Sumatera dan Kalimatan.

Dikutip dari situs BMKG dari Jakarta pada Sabtu, BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca hari ini, memprakirakan hujan lebat disertai angin dan kilat dapat terjadi di Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung dan Banten.

Hujan lebat disertai angin dan kilat dapat terjadi juga di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua--yang hari ini Presiden Jokowi akan membuka Pekan Olahraga Nasional XX 2021 di Bumi Cendrawasih itu.

BMKG memprakirakan, wilayah yang dapat mengalami hujan dengan intensitas lebih ringan hari ini adalah Kepulauan Bangka Belitung, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Selatan.

Baca juga: BMKG Perkirakan Ada 17 Wilayah di Tanah Air Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

Baca juga: BMKG Ingatkan akan Terjadi Gelombang Setinggi 4 Meter di 7 Wilayah di Tanah Air, Minggu (26/9/2021)

Yang tak kalah pentingnya, BMKG juga mengingatkan adanya potensi banjir bandang di provinsi seperti Kepulauan Riau, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan masuk dalam kategori waspada.

Waspada banjir akibat cuaca hari ini juga diberikan untuk beberapa wilayah di provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Destinasi wisata Jakarta

Hari ini BMKG juga secara khusus mengeluarkan prakirakan cuaca pada tujuh destinasi wisata di Jakarta, yaitu berawan dan hujan ringan.

Baca juga: BMKG Ingatkan Ancaman Hujan Lebat, Gelombang Tinggi, & Dampak Hidrometeorologi pada 13-20 September

Beberapa kawasan wisata tersebut antara lain Kota Tua, Jakarta Barat diperkirakan berawan dengan suhu 25-34 derajat celsius. 

Kemudian awasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat diperkirakan berawan dengan suhu 25-33 derajat celsius.

Kawasan Kepulauan Seribu Kabupaten Kepulauan Seribu diperkirakan juga berawan dengan suhu 27-32 derajat celsius.

Bagi yang ingin berwisata ke Taman Impian Jaya Ancol Jakarta Utara, cuacanya diperkirakan berawan dengan suhu 25-33 derajat celsius.

Baca juga: MITOS Negara Rawan Bencana Tak Bisa Maju, Ini Penjelasan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati

Begitu juga dengan cuaca di sekitar Taman Mini Indonesia Indah Jakarta Timur, diperkirakan berawan dengan suhu 24-34 derajat celsius.

Sama halnya dengan Taman Mini, cuaca di kawasan Kebun Binatang Ragunan Jakarta Selatan diperkirakan juga berawan dengan suhu 25-33 derajat celsius.

Kecuali cuaca di kawasan Gelora Bung Karno Jakarta Selatan diperkirakan hujan ringan dengan suhu 25-34 derajat celsius. (*)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved