Penerimaan PNS

Tak Ingin Karir Mentok, Dokter Umum Ini Coba Peruntungan Melamar Jadi CPNS 

Menjadi pegawai negeri sipil (PNS) ternyata bukanlah cita-cita sejak lama bagi Ayu Wulandari (26).

sscndaftar.bkn.go.id
Formasi CPNS 2021 diperkirakan lebih banyak ketimbang 2019 

WARTAKOTALIVE.COM, SUKMAJAYA - Menjadi pegawai negeri sipil (PNS) ternyata bukanlah cita-cita sejak lama bagi Ayu Wulandari (26). Baru tahun ini dirinya memutuskan ingin melakoni diri sebaga PNS dan mengisi formasi di lingkup Pemerintah Kota Depok.

Tak ingin berpikir lama, wanita yang juga berprofesi sebagai seorang dokter umum di sebuah rumah sakit swasta di Kota Depok ini pun lantas melamar sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Saat ditemui Wartakotalive.com, Ayu tengah duduk di barisan para peserta CPNS untuk mengikuti ujian seleksi kompetensi dasar (SKD) yang bertempat di Balai Rakyat Depok II.

"Emang mau sendiri, enggak ada dorongan dari siapapun. Makanya begitu tahu ada pembukaan bagi CPNS, saya langsung daftar," tandasnya di lokasi, Sabtu (2/10/2021).

Baca juga: Kesejahteraan Hidup Terjamin, Jadi Salah Satu Alasan Peserta Tak Kapok Berulang Kali Ikuti Tes CPNS

Baca juga: Begini Tahapan yang Harus Dilalui para Peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Agar Lolos

Bertahun-tahun jadi dokter nyatanya tak membuat Yulia berpikir profesinya itu cukup untuk menunjang masa depannya.

Sebab, salah satu alasan dirinya mengikuti seleksi CPNS demi menjamin keberlangsungan hidupnya nanti.

"Dari segi karir kalau di PNS kan sudah jelas ya, kita enggak mikirin lagi karena semua sudah diatur pemerintah kayak dari materi dan seminar-seminar, itu semua sudah diatur," katanya.

Demikian juga dengan masa tuanya, Ayu berharap menjadi PNS bisa meningkatkan karirnya lebih tinggi lagi sebagai pelayan masyarakat dalam bidang kesehatan.

Baca juga: RIBUAN Orang Ikuti Tes CPNS, Polda Metro Cabut Sementara Kebijakan Ganjil Genap TMII

Baca juga: Berikut Lima Situs dan Aplikasi Latihan Tes CPNS 2021 Terbaik, Cocok Dipakai Jelang Pendaftaran CPNS

"Kalau di RS mau naik jabatan kan harus kerja keras buat promosiin diri walaupun kalau untuk gaji ya memang lebih lumayan di RS," tuturnya.

"Tapi kan kita enggak tahu ke depannya kayak gimana, masa mau jadi dokter umum aja, stagnan disitu. Kalau PNS dari segi tunjangan lebih banyak dan insentifnya juga lebih diurus," akunya.

Dengan mengikuti seleksi CPNS ini, ibu satu orang anak ini berharap akan mendapati lokasi kerja yang dekat dengan rumah.

Selain itu, dengan menjadi dokter PNS, Ayu menilai beban kerjanya tidak akan seberat dengan apa yang ada di rumah sakit.

"Di rumah sakit juga kan pressure (tekanan kerjanya) tinggi ya. Saya sih penginnya nanti nyari puskesmas yang dekat dengan rumah juga," tuturnya.

Ayu pun mengaku dirinya deg-degan sebelum menjalani ujian meski persiapan yang dilakukannya sudah berlangsung sejak tiga bulan lalu.

Semua bahan materi atau soal-soal dilahap Ayu demi bisa lolos menjadi seorang abdi negara di Kota Belimbing ini.

"Semuanya sudah dipersiapkan, terpentingkan usaha dulu soal hasil kita serahkan ke Allah SWT. Kuncinya tawakal," imbuhnya.

Sebelum berangkat ke tempat ujian, Ayu mengaku dirinya menjalani kegiatan seperti biasa, tak ada hal-hal khusus yang dilakukan demi tercapainya impian sebagai PNS.

"Kalau berdoa pasti sih, tiap hari, solat juga kayak biasanya. Kebetulan suami lagi dinas luar kota jadi ijinnya cuma lewat telepon aja," tuturnya. (vin)
 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved