Breaking News:

Dinas Pendidikan DKI Jakarta Belum Putuskan PTM Dilaksanakan Setiap Hari

rencana itu masih dikaji secara komprehensif, karena pemerintah harus mengevaluasi pelaksanaan PTM di 610 sekolah yang dimulai sejak 30 Agustus 2021

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Agus Himawan
Wartakotalive.com/Miftahul Munir
PTM Hari Ketiga, siswa-siswi Kelas III SDN 07 Ciracas mengaku senang belajar di sekolah karena bisa bertemu teman dan guru, Jumat (3/9/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pembelajaran tatap muka (PTM) secara bertahap masih dilakukan oleh sejumlah sekolah. Saat ini pelaksanaan PTM dilaksanakan tiga kali dalam sepekan, yakni pada Senin, Rabu, dan Jumat.

Kepala Sub Bagian Humas Kerja Sama Antar Lembaga pada Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taga Radja mengatakan, pemerintah daerah memang berencana menggelar PTM setiap hari dan digelar dua kali selama sepekan.

Namun rencana itu masih dikaji secara komprehensif, karena pemerintah harus mengevaluasi pelaksanaan PTM di 610 sekolah yang dimulai sejak Senin, 30 Agustus 2021.

“Kami sedang pendalaman dan mendampingi kepada 610 sekolah ini agar tidak gegabah langsung lima hari, tapi nanti ternyata malah berefek pada jumlah klaster,” ujar Taga pada Selasa (14/9/2021).

Karena itu, kata dia, rencana PTM yang digelar setiap hari belum diputuskan Disdik DKI Jakarta. Saat ini, pihaknya tetap fokus pada pelaksanaan PTM di 610 sekolah, agar prosesnya berjalan lancar tanpa ditemukannya klaster penyebaran Covid-19.

Baca juga: Terikat Perjanjian, Anies Wajib Bayar Duit Komitmen Formula E Selama 5 Tahun atau Digugat

Baca juga: Terbit Peraturan Perundang-undangan Baru, Ade Yasin Usul Propemperda Kepada DPRD Kab Bogor

“Sekarang sedang dipantau adakah pelanggaran prokes dan adakah yang terpapar Covid-1-9. Tapi sementara sampai saat ini tidak ada laporan seperti itu,” katanya.

Pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di Ibu Kota bakal digelar secara bertahap. Kini ada 610 sekolah dari jenjang PAUD sampai SMA/SMK yang mengikuti PTM di sekolah dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Pemprov DKI Jakarta akan menambahkan 890 satuan pendidikan untuk menggelar pembelajaran tatap muka (PTM). Saat ini, sudah ada 610 sekolah yang menggelar PTM terbatas, sehingga bila ditotal akan ada 1.500 sekolah.

“Jadi memang prediksi tanggal 27 September itu akan ada penambahan 890 sekolah, sehingga total genapnya dengan yang sekarang itu ada 1.500 sekolah,” kata Kepala Sub Bagian Humas Kerja Sama Antar Lembaga pada Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taga Radja pada Selasa (14/9/2021).

Taga mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan asesmen terhadap sekolah yang akan menjalani PTM. Meski ditargetkan ada 1.500 sekolah yang PTM pada 27 September mendatang, namun jumlah itu dinilai dinamis.

Artinya, sewaktu-waktu dapat berubah tergantung pada hasil pelatihan sekolah saat menjalani asesmen dari Disdik DKI Jakarta. “Tapi kan kami belum tahu karena mengenai pelatihan bisa saja berubah. Jadi, artinya menurut saya penetapan 1.500 sekolah itu setelah mengikuti pelatihan-pelatihan yang ditetapkan Disdik,” ujar Taga.

Baca juga: Ayu Ting Ting Diperiksa 4 Jam Terkait Laporannya Terhadap Haters, Jawab 15 Pertanyaan dari Penyidik

Baca juga: Cellica Nurrachadiana Targetkan Akhir 2021 Seluruh Warga Karawang Sudah Dapat Vaksin Covid-19

“Nanti September mudah-mudahan bisa 1.500 sekolah lagi, jadi nanti Januari 2022 semua sekolah bisa mengikuti (PTM),” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI pada Senin (30/8/2021).

Ariza mengatakan, sejauh ini pelaksanaan PTM di 610 sekolah berjalan baik. Pemerintah DKI belum mendapat laporan adanya pelanggaran prokes pencegahan Covid-19 selama PTM berlangsung di sekolah.

“Ada 610 sekolah mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA yang ikut dengan ketentuan dan diatur mulai dari jam 07.00 sampai 11.00. Tentu dengan melaksanakan prokes dan kapasitas 50 persen, mudah-mudahan anak-anak kita bisa mengikuti pendidikan dengan baik,” ujar Ariza.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved