Breaking News:

Kesehatan

Rasa ASI Bisa Berubah Sesuai Makanan yang Dikonsumsi Ibu

ASI mengandung banyak nutrisi seperti glutamat atau asam amino bebas (FAA) yang merupakan sumber nitrogen yang baik untuk bayi.

shape.com
Ilustrasi Air Susu Ibu (ASI). ASI mengandung banyak nutrisi seperti glutamat atau asam amino bebas (FAA) yang merupakan sumber nitrogen yang baik untuk bayi. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Makanan gizi seimbang  yang dikonsums ibu sangat berperan dalam mendukung  produksi Air Susu Ibu (ASI).

Sehingga pasokan ASI memenuhi kecukupan  bagi bayi. Selain itu, makanan yang beragam juga akan membuat rasa ASI selalu berubah-ubah. 

Rasa yang berbeda-beda ini membuat bayi sejak dini dikenalkan aneka rasa.

Selain nutrisi yang paling lengkap, perbedaan rasa dari ASI sesuai yang dikonsumsi ibu inilah yang membedakan dengan susu formula.

Baca juga: PENELITIAN Terbaru Air Susu Ibu (ASI) Sangat Efektif Cegah Serangan Virus Corona, Ini Anjuran WHO

Ahli Gizi Klinis dari RS Melinda Bandung dr. Johanes Chandrawinata, MND, SpGK mengatakan,  ASI sangat penting sebagai perlindungan paling awal bagi bayi baru lahir, dan juga sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang bayi.

ASI mengandung banyak nutrisi seperti glutamat atau asam amino bebas (FAA) yang merupakan sumber nitrogen yang baik untuk bayi.

“Glutamat, berbagai zat gizi makro, zat gizi mikro, dan zat bioaktif yang terkandung dalam ASI menjadikannya makanan pertama yang ideal untuk bayi," ujar dr. Johanes dalam siaran pers yang diterima Warta Kota, Rabu (25/8/2021).

"Adanya zat bioaktif dalam ASI menunjukkan pentingnya ASI sebagai makanan fungsional yang berperan penting dalam daya tahan dan kesehatan bayi,” katanya.

Baca juga: Air Susu Ibu untuk Melawan Virus Corona 2

Ia menuturkan, sebuah studi oleh Berthold Koletzko yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Nutrition and Metabolism 3 Desember 2018 menjelaskan bahwa kadar glutamat bebas dalam ASI 6 kali lebih tinggi dari susu formula lainnya.

Pada bayi baru lahir, glutamat an glutamin merupakan faktor pertumbuhan sel epitel usus.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved