Modus Berpura-pura Kebobolan, Pelaku Pencurian Minimarket di Karawang Ternyata Karyawannya Sendiri

Polisi menangkap pelaku pembobolan minimarket di Jalan Dusun Bedeng, Desa Amansari, Kecamatam Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Max Agung Pribadi
Warta Kota/Muhammad Azzam
Polisi menangkap pelaku pembobolan minimarket di Jalan Dusun Bedeng, Desa Amansari, Kecamatam Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. 

WARTAKOTALIVE.COM, KARAWANG - Polisi menangkap pelaku pembobolan minimarket di Jalan Dusun Bedeng, Desa Amansari, Kecamatam Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Pelaku bernama Muhammad Zainur Nugraha (27) itu ternyata merupakan karyawan minimarket tersebut.

Kanit Reskrim Polsek Rengasdengklok, Ipda Iwan Budijanto mengatakan, pihaknya berhasil menangkap pelaku pencurian dengan pemberatan yang terjadi di Indomaret, Jalan Dusun Bedeng, Desa Amansari, Kecamatam Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat yang terjadi pada Minggu 22 Agustus 2021 dini hari.

Baca juga: Minimarket di Tanjung Priok Jakarta Utara Hangus Terbakar, Ini Kerugian yang Diderita

"Hari ini kami rilis tindak pidana pencurian dengan pemberatan, dengan berhasil ditangkap pelaku bernama Muhammad Zainur Nugraha," kata Iwan, saat konferensi pers di Mapolsek Rengasdengklok, pada Selasa (31/8/2021).

Dia menjelaskan kasus ini berhasil diungkap setelah mendapatkan laporan dari pihak Indomaret atas peristiwa pembobolan tersebut.

Unit Reskrim Polsek Rengasdengklok langsung mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan memintai keterangan sejumlah saksi.

Baca juga: Jeli Lihat Peluang, Pemilik Konter Pulsa Nyambi Jadi Agen BRI Kini Punya Rumah Mewah dan Minimarket

"Dari hasil penyelidikan ternyata pelaku ini merupakan karyawan Indomaret itu sendiri, dan berhasil ditangkap pelakunya di wilayah Purwakarta," ungkap dia.

Dijelaskannya, penangkapan tersangka yang merupakan karyawan minimarket itu sendiri, berawal dari kecurigaan karyawan lainnya.

Apalagi, teman kerjanya itu melihat rantai dan gembok minimaret itu berada di kontrakan tersangka.

Baca juga: Minimarket Dibobol Maling di Kampung Bedeng Cikarang Barat, Uang di ATM Digasak dan CCTV Dirusak

"Diketahui ada informasi gembok dan rantai biasa digunakan mengunci Indomaret, ada di kontrakan tersangka ini, oleh petugas dikembangkan dan ditangkap tersangka ini," imbuh dia.

Iwan melanjutkan, dalam melakukan aksi pembobolannya tersangka sengaja merusak plafon Indomaret tersebut, merusak brankas, mengambil DVR yang menyimpan rekaman CCTV serta mengambil ratusan rokok berbagai merk.

Tindakannya itu dilakukan agar seolah-olah, pelaku pembobolan itu merupakan orang luar bukan dirinya. Padahal, dia yang memiliki kuncinya itu dengan leluasa masuk ke minimarket tersebut.

Baca juga: Kronologi Kasus Pembobolan ATM di Minimarket Jembatan 3 Versi Polisi

"Tersangka masuk ke dalam setelah toko ini tutup, kemudian dengan berpura-pura melakukan pembobolan dengan cara seolah olah pelaku ini orang luar," ungkap dia.

Tersangka mengambil uang tunai dalam brankas secara bertahap sebanyak tiga kali. P

ertama pukul 17.00 WIB mengambil uang sebesar Rp 14 juta, kedua pukul 20.00 WIB sebesar Rp 13 juta dan terakhir pukul 23.00 WIB sebesar Rp 2 juta.

Baca juga: Kronologi Kasus Pembobolan ATM di Minimarket Jembatan 3 Versi Polisi

"Sebenarnya mengambil uangnya dibrankas tanpa dibongkar karena punya kuncinya. Tapi agar seolah-olah ini pelakunya orang luar, brankasnya di rusak, juga termasuk atap Indomaretnya itu tadi," jelas dia.

Akibat perbuatannya itu, pihak Indomaret mengalami kerugian mencapai Rp 60.500.000. 

Barang bukti yang diamankan, rantai, gembok, dan ratusan bungkus rokok.

Baca juga: VIDEO Modus Berulang, Maling Bobol Minimarket di Bekasi Uang di ATM Digasak dan CCTV Dirusak

Tersangka dijerat Pasal 363 ayat 1 KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan, ancaman hukuman makasimal tujuh tahun. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved