Breaking News:

Potensi Wakaf Rp 24,8 Miliar, Allianz Syariah Ajak Masyarakat Produk Asuransi Syariah

Potensi Wakaf Rp 24,8 Miliar, Allianz Syariah Ajak Masyarakat Manfaatkan Fitur Wakaf di Produk Asuransi Syariah. Simak selengkapnya dalam berita ini.

Penulis: Mochammad Dipa | Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
(Warta Kota/Mochammad Dipa)
Head of Sharia Marketing & Business Support Allianz Life Indonesia Hendra Gunawan menjadi pembicara dalam webinar Allianz Syariah Mengenal Wakaf pada Manfaat Asuransi Syariah, Selasa (3/8). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Selain zakat, infaq dan sedekah, islam juga mengenal konsep Wakaf sebagai amalan jariyah untuk berbuat kebaikan dan tolong menolong. Wakaf merupakan salah satu ibadah untuk mengumpulkan amalan jariyah dimana seseorang menyerahkan sebagian harta benda yang dimanfaatkan untuk keperluan ibadah dan kesejahteraan umum.

Saat ini, telah terjadi perkembangan instrumen dimana wakaf tidak hanya bisa dilakukan dengan memberikan aset tidak bergerak seperti tanah atau bangunan, tetapi bisa juga menggunakan uang atau wakaf tunai.

Pemberian wakaf kini juga bisa dilakukan melalui produk asuransi, seperti yang dihadirkan oleh Allianz Life Syariah yang merupakan Unit Usaha Syariah dari PT Asuransi Allianz Life Indonesia.

Terkait pemanfaatan dana wakaf, Allianz Life Syariah bahwa mencatatkan potensi dana wakaf lebih dari Rp 24,8 miliar sampai dengan 30 Juni 2021. Potensi wakaf ini berasal dari 298 peserta yang berkomitmen mewakafkan sebagian dari santunan asuransinya.

Baca juga: Hasil Penelitian: Vaksin Covid-19 Covaxin Buatan India Efektif Melawan Varian Delta Plus

Head of Sharia Marketing & Business Support Allianz Life Indonesia Hendra Gunawan menjelaskan, bahwa potensi wakaf saat ini masih kecil. Tercatat, dari total peserta asuransi syariah (Allianz Life Syariah), yang mengambil fitur wakaf ini baru 4 persen. Menurutnya, minimnya pengguna fitur wakaf ini lantaran literasi masyarakat mengenai manfaat wakaf yang masih belum optimal

“Fitur wakaf ini dampaknya besar baik dari sisi ekonomi, sosial dan budaya. Hal ini yang terus kita gencarkan dan kita lakukan untuk memaksimalkan fitur wakaf dalam produk asuransi syariah,” ujar Hendra saat webinar Allianz Syariah Mengenal Wakaf pada Manfaat Asuransi Syariah, Selasa (3/8).

Dua komponen pemanfaatan dana wakaf di asuransi syariah

Hendra menyebutkan, bahwa ada dua komponen yang digunakan dalam pemanfaatan dana wakaf oleh peserta asuransi syariah, yaitu santunan asuransi atau uang pertanggungan dan dari sisi manfaat investasi

Adapun alokasi wakaf dapat mencapai maksimal 45 persen dari santunan asuransi atau peserta dapat menyalurkan wakaf maksimal setara satu per tiga dari hasil investasi asuransi yang dijalankan.

"Dengan fitur wakaf melalui manfaat asuransi dan investasi, kita akan bisa berkontribusi lebih dalam lagi, kepada orang-orang di luar sana," ucap Hendra.

Baca juga: KPK Rampungkan Penyidikan, Aa Umbara Segera Disidangkan

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved