Berita Jakarta

KSAL Yudo Margono Lepas Ekspedisi Jala Citra I Aurora untuk Selidiki Perairan Halmahera

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono melepas keberangkatan ekspedisi Jala Citra I Aurora ke Perairan Halmahera.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Tim Ekspedisi Jala Citra I Aurora dilepas KSAL Laksamana Yudo Margono di Dermaga Pondok Dayung, Koarmada I, Jakarta Utara, Selasa (3/8/2021).  

WARTAKOTALIVE.COM, TANJUNG PRIOK - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono melepas keberangkatan ekspedisi Jala Citra I Aurora. 

Pelepasan ekspedisi Jala Citra I Aurora itu di Dermaga Pondok Dayung, Koarmada I, Jakarta Utara, Selasa (3/8/2021). 

Menurut Yudo Margono, ekspedisi itu merupakan salah satu rangkaian yang digelar Pusat Hidro-oseanografi TNI AL (Pushidrosal) dalam rangka peringatan100 tahun Hari Hidrografi Dunia.

"Tadi baru saja kita saksikan proses pelepasan KRI Spica yang melaksanakan survei atau ekspedisi yang akan dilaksanakan di perairan Halmahera selama dua bulan,” ucap Yudo Margono. 

Baca juga: KSAL Bangga Miliki KRI Teluk Youtefa-522, Alutsista Terbaru yang Canggih Buatan Dalam Negeri

Baca juga: Samawe Adventure Siapkan Ekspedisi Pendakian 30 Gunung dari Sabang Sampai Merauke Mulai Mei 2021

Penelitian itu juga melibatkan para peneliti dari kementerian, lembaga dan universitas bidang hidrografi, geodesi, geologi, oseanografi, meteorologi serta kelautan dan perikanan. 

Yudo Margono menambahkan,  rencana penelitian akan berjalan selama dua bulan untuk mengungkap misteri di perairan Halmahera.

Serta untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. 

"Kenapa dilaksanakan di sana? Karena pada peta peninggalan Belanda tahun 1949 di sana dinyatakan sebagai daerah tertutup atau daerah terlarang. Ini perlu kita cek,” kata Yudo Margono. 

Baca juga: Terbaru, KRI Teluk Youtefa-522. Berjenis Landing Ship Tank dan Bisa Angkut 360 Prajurit dan 120 ABK

Baca juga: Gantikan Kapal Berusia Uzur, KRI Teluk Youtefa-522 Jadi Alutsista Terbaru TNI AL

Ketika itu survei belum tuntas sehingga pada kesempatan tersebut juga untuk memperkuat  potensi sebenarnya di Perairan Halmahera tersebut.

“Sehingga nantinya dalam waktu dua bulan bisa diharapkan dapat menghasilkan penelitian bawah laut," ujarnya lagi. 

Ekspedisi Jala Citra I Aurora TNI AL akan dilaksanakan hingga Oktober 2021 menggunakan KRI Spica-934 sebagai kapal survei TNI AL di bawah Pushidrosal. 

“Hasil penelitian nanti akan dilaporkan ke presiden, panglima, dan kementerian terkait untuk dilakukan eksplorasi,” ucap Yudo Margono.

 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved