Alutsista TNI AL

KSAL Bangga Miliki KRI Teluk Youtefa-522, Alutsista Terbaru yang Canggih Buatan Dalam Negeri

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono bangga atas kehadiran alutsista baru, KRI Teluk Youtefa-522, yang canggih buatan lokal.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono bangga ada penambahan alutsista baru yang diberi nama KRI Teluk Youtefa-522. Kapal buatan dakam negeri ini diklaim canggih. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -TNI Angkatan Laut kedatangan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) terbaru yakni KRI Teluk Youtefa-522 di Dermaga Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (12/7/2021). 

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan kapal jenis Landing Ship Tank (LST) itu buatan PT Daya Radar Utama (DRU) di Srengsem, Panjang, Bandar Lampung. 

KRI Teluk Youtefa-522 buatan PT Daya Radar Utama.
KRI Teluk Youtefa-522 buatan PT Daya Radar Utama. (Warta Kota/Junianto Hamonangan)

“KRI Teluk Youtefa-522 dibangun dengan berat 4.500 ton dan kecepatan 15 knot,” ucap Yudo, di lokasi. 

Kapal yang namaya diambil dari nama teluk di Jayapura, Papua itu dirancang mengangkut MBT (Main Battle Tank) jenis Leopard milik Angkatan Darat dan tank BMP-3F milik Marinir. 

Adapun kecepatan maksimumnya 16 knots dan kecepatan jelajah 14,8 knots, kecepatan ekonomis 13,6 knots serta kemampuan jelajah sejauh 7.200 nautical miles dan mampu berlayar 20 hari. 

Baca juga: Anggota Komisi I DPR Dukung Modernisasi Alutsista Asalkan Rasional

“Kapal ini mempunyai spesifikasi mengangkut tank dan leopard, bisa 10 tank dan juga bisa mengangkut tanknya marinir untuk kendaraan amfibi,” sambung Yudo. 

KRI Teluk Youtefa-522 selanjutnya akan bertugas di jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), tepatnya akan berada di Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta. 

KRI Teluk Youtefa-522 yang dikomandani untuk pertama kalinya oleh Letkol Laut (P) I Nyoman Armenthia W tersebut mampu menampung 360 prajurit dan 120 personel anak buah kapal (ABK). 

Baca juga: Kemhan: Ada Audit BPK dan Inspektorat Awasi Modernisasi Alutsista 25 Tahun ke Depan

“Harapan kita dengan adanya penambahan KRI jenis angkut tank ini dapat membantu tugas pokok TNI AL khususnya dalam operasi gabungan,” urai Yudo. 

KRI Youtefa-522 merupakan jenis kapal Angkut Tank (AT) kelima dengan spesifikasi yang dimiliki yakni panjang 120 meter, lebar 18 meter, tinggi 7,8 meter dan draft 3 meter (full load). 

Tugas pokok kapal angkut tank KRI Teluk Youtefa-522 adalah mengangkut alat-alat perang, logistik dan personel dari pangkalan tolak menuju daerah sasaran secara terbatas. 

Baca juga: Menperin Harap PT Len Industri Bisa Gunakan Teknologi Tinggi Dukung Ciptakan Kemandirian Alutsista

“Dalam situasi damai (KRI Teluk Youtefa-522) bisa untuk latihan, untuk angkut pasukan di wilayah Barat maupun wilayah Timur,” ungkap Yudo.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved