Breaking News:

Samawe Adventure Siapkan Ekspedisi Pendakian 30 Gunung dari Sabang Sampai Merauke Mulai Mei 2021

Samawe Adventure menyiapkan ekspedisi pendakian 30 gunung di Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

istimewa
Komunitas pencinta alam Samawe Adventure bersiap menggelar ekspedisi pendakian 30 gunung di Indonesia bertajuk Samawe Adventure 30 Summit Expedition. Pendakian akan dilaksanakan secara maraton selama setahun mulai Mei 2021. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Samawe Adventure menyiapkan ekspedisi pendakian 30 gunung di Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Persiapan pendakian 30 gunung itu sudah mulai dilakukan Samawe Adventure beberapa bulan terakhir dan pelaksanaan ekspedisi akan dimulai Mei 2021. 

Selain latihan fisik, persiapan lain yang dilakukan adalah mengumpulkan informasi dan mengolah data mengenai karakteristik gunung-gunung yang akan didaki.

Gunung Rinjani.Danau Segara Anak dilhat dari puncak Gunung Rinjani di ketinggian 3.726 m. Rinjani merupakan bagian dari Gunung Samalas yang meletus hingga melumpuhkan dunia pada tahun 1257. Superletusan mengakibatkan terbentuknya kaldera dan Danau Segara Anak.
Gunung Rinjani.Danau Segara Anak dilhat dari puncak Gunung Rinjani di ketinggian 3.726 m. Rinjani merupakan bagian dari Gunung Samalas yang meletus hingga melumpuhkan dunia pada tahun 1257. Superletusan mengakibatkan terbentuknya kaldera dan Danau Segara Anak. ((KOMPAS IMAGES / FIKRIA HIDAYAT))

Pelatihan fisik dipusatkan di Gunung Gede-Pangrango, Jawa Barat. 

“Semua itu nanti akan berkaitan dengan alat-alat yang akan digunakan. Beberapa gunung karakternya basah karena curah hujan yang tinggi dan itu akan berbeda dengan gunung-gunung yang treknya berpasir seperti Merapi. Selain itu kami juga sudah mendata base camp yang akan digunakan untuk beristirahat saat memulai pendakian serta eksplor desa adat," tutur Indra yang bertugas pada bagian logistik Samawe Adventure dalam keterangan pers di kantor Deteksi Produktions, Jakarta Selatan, Kamis (18/03/2021).

Selain itu, kata Indra, timnya juga menghubungi rekan-rekan pencinta alam yang berada di sekitar gunung yang akan didaki.

Baca juga: Sepuluh Tahun Pendakian Gunung Aconcagua (4): Semakin Tinggi Angin Semakin Kencang dan Menyeramkan

"Mereka-mereka ini adalah volunteer yang akan membantu mensukseskan ekspedisi Samawe Adventure ini”, papar Indra. 

Eksplorasi Samawe Adventure 30 Summit Expedition akan digelar selama setahun.

Perjalanan digelar untuk menjelajahi Indonesia seutuhnya melalui pendakian 30 gunung, melintasi lingkungan yang indah serta lestari. 

Baca juga: Sepuluh Tahun Pendakian Gunung Aconcagua (5): Mencapai Puncak Lalu Dikepung Badai

Penjelajahan ini juga berupaya memperkenalkan kearifan lokal masyarakat gunung dengan keragaman desa adat, lengkap dengan seni serta budayanya.

Salah satu founder Samawe Adventure R. Bambang Adi Wijaya mengatakan, gunung perlu dijaga karena merupakan sumber kehidupan manusia.

"Kita tahu sumber kehidupan manusia adalah air, dimana semua hulu sungai, mata air terdapat atau didapat dari gunung. Jika gunung tidak terjaga, hulu air tidak terjaga, daerah air rusak, maka kemungkinan kehidupan akan terancam. Dari situlah kita mulai berfikir apa saja yang harus dijaga, yaitu mulai dari habitat, pelestarian, sumber air, masalah sampah yang menjadi masalah utama di gunung pada era milenium saat ini," tuturnya.

Baca juga: Sepuluh Tahun Pendakian Gunung Aconcagua (2): Aconcagua Mulai Muncul dan Menunjukkan Watak Aslinya

“Jaman dulu di gunung hampir tidak menemukan sampah, tapi jaman sekarang naik gunung lebih banyak menemukan sampah dibandingkan pemandangan. Bayangkan jika hal tersebut terjadi terus maka gunung makin rusak, gunung makin longsor. Kita tidak punya gunung lagi untuk didaki, dilihat, dan dipandang. Serta yang paling parah kita akan kekurangan sumber air karena gunung kita rusak”, papar pria yang akrab disapa Awe tersebut.

Soal mengapa 30 gunung yang didaki Awe menjelaskan sebenarnya gunung di Indonesia ini banyak.

Ada sekitar 400 gunung, termasuk sekurangnya 170 gunung berapi di Indonesia.

Puncak Gunung Slamet.
Puncak Gunung Slamet. (begajol.com)

Penggagas Samawe Adventure berharap dengan awalan pendakian 30 gunung, eksplorasi gunung lain akan dilanjutkan oleh komunitas pencinta alam lainnya hingga semua gunung tereksplorasi. 

“Agak kurang bukan berarti tidak indah, tetapi karena tidak ada informasi yang cukup mengenai gunung-gunung dan masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Samawe Adventure menjelajah tidak hanya gunung, tetapi juga mengangkat nilai-nilai setempat dengan menulis sebuah literalisasi tentang informasi dari desa-desa adat yang ada di Indonesia”, kata Awe.

Sindoro-Sumbing

Salah satu dukungan untuk tim datang dari Anna Saragih, pengusaha yang berbasis Temanggung, Jawa Tengah.

Kota itu terletak di kaki Gunung Sindoro (3.140m) -Sumbing (3.330m) yang berdampingan letaknya.

Anna Saragih mengatakan, selama ini kota Temanggung mungkin belum terlalu dikenal masyarakat luar.

Gunung Sumbing dan Sindoro
Gunung Sumbing dan Sindoro (istimewa)

Padahal potensi wisata Temanggung sangat luar biasa. 

Letaknya berdampingan dengan Magelang dan Wonosobo yang sudah terkenal sebagai daerah tujuan wisata.

"Gunung Sindoro dan Sumbing mungkin memang sebagian orang sudah kenal tetapi pariwisatanya belum seberapa tereksplorasi. Padahal di lereng-lereng Sindoro dan Sumbing banyak sekali perkebunan seperti tembakau, klengkeng, vanili. Itu artinya pertanian tumbuh subur di sana. Kami berharap ekspedisi ini memperkenalkan agar masyarakat luar mau hadir ke Temanggung dan bukan hanya mendaki gunung Sindoro dan Sumbing tetapi menikmati pariwisata di kabupaten Temanggung," tuturnya.

“Saya sangat berterima kasih bisa bergabung dan mensupport acara Samawe Adventure. Kami dari Temanggung ikut tampil dan mendukung, salah satunya dengan menjembatani hubungan dengan pemda setempat dan membantu terlaksananya kegiatan di Gunung Sindoro dan Sumbing,” tambah Anna Saragih.

Singgalang-Marapi

Sedangkan Randy, Theo, dan Jeje dari Rise If The Dragon sangat senang sekali dapat bergabung dengan Samawe Adventure.

Mereka mewakili Bukittinggi di mana terdapat Gunung Singgalang dan Marapi.

Sebagai perwakilan musisi dari Bukittinggi, mereka sangat mendukung Samawe Adventure 30 Summit Expedition (Sabang–Merauke, Mei 2021–Mei 2022).

Baca juga: Sepuluh Tahun Pendakian Gunung Aconcagua (6): Terjebak El Viento Blanco dan Jatuh ke Jurang

"Karena untuk menjaga pelestarian butuh dan perlu peran serta dari diri sendiri dan bukan dari orang lain. Mulai dari hal-hal yang kecil, yaitu dimulai dari diri kita sendiri lalu menular kepada orang lain dan kemudian akan membesar. Memang kegiatan pelestarian ini diperlukan dan benar dari gununglah pusat air itu yang perlu dijaga kelestarian alamnya. Bukan alam yang butuh kita tetapi kita lah yang membutuhkan alam," tutur Randy.

“Kami dari Rise If The Dragon sangat mendukung Samawe Adventure 30 Summit Expedition agar berjalan dengan lancar dan sukses kedepannya. Dan lagu kami yang merupakan single pertama bisa menjadi bagian dari Samawe Adventure”, papar Randy.

GUNUNG Semeru di Jawa Timur tampak 'bertopi' pada Senin (10/12/2018).
GUNUNG Semeru di Jawa Timur tampak 'bertopi' pada Senin (10/12/2018). (Twitter/@Sutopo_PN)

Hasil kegiatan Samawe Adventure 30 Summit Expedition akan dikemas dalam bentuk buku dan dokumentasi audio visual seluruh kegiatan secara nyata, detail, lengkap, dan informatif mengenai gunung dan desa adat di sekitarnya.

“Kami sangat menghargai semua support dan kerjasamanya. Samawe Adventure sebenarnya hanyalah tulisan dan logo, tetapi yang kita perjuangkan adalah Indonesia. Dengan semua bergabung dan bersinergi membuat Indonesia lebih maju. Mungkin kapasitasnya tidak besar, tapi kita yakin kita yang kecil seperti ini muncul, lalu muncul kecil lainnya, dan makin banyak yang bermunculan, yakin gaungnya akan besar,” tutur Awe.

Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved