Breaking News:

Hari Anak Nasional

Nadiem Makarim: KILA 2021, Ajak Anak-Anak Belajar dan Berkarya dalam Suasana Riang Gembira

Momentum Hari Anak Nasional 2021, Menteri Nadiem Makarim luncurkan lomba Kita Cinta Lagu Anak Indonesia

Wartakotalive/Ign Agung Nugroho
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim saat peluncuran program KILA 2021 secara virtual, Jumat (23/7/2021) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Momentum Hari Anak Nasional 2021 yang jatuh pada 23 Juli 2021 ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) meluncurkan kegiatan lomba  bertajuk 'Kita Cinta Lagu Anak (KILA) 2021'.

KILA adalah program lomba cipta lagu dan menyanyi untuk anak dan masyarakat Indonesia secara umum.

Lomba tahunan ini digelar Kemendikbud Ristek bersama komunitas Kita Indonesia (KI) sejak tahun 2020 lalu.

"KILA adalah bagian dari semangat merdeka belajar dan  anak-anak bisa belajar dan berkarya dalam suasana riang gembira. Salah satunya melalui lagu," kata Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim saat peluncuran KILA 2021 secara virtual, Jumat (23/7/2021).

Nadiem mengatakan, dirinya meyakini bahwa lagu merupakan bahasa pengajaran bagi anak-anak yang memiliki pengaruh besar terhadap tumbuh kembang anak.

Baca juga: Hari Anak Nasional, Psikolog ini Berharap Anak Bisa Merdeka Belajar dan Tetap Bisa Kreatif

Lagu-lagu tersebut idealnya mengandung nilai budi pekerti, pesan cinta kasih, serta pengetahuan tentang budaya dan alam Indonesia

Namun, belakangan Indonesia semakin kekurangan lagu-lagu anak yang berkualitas. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi pendidikan anak.

Oleh karena itu, Kemdikbud Ristek menghadirkan program KILA sebagai jembatan untuk mengisi kekosongan tersebut.

Apalagi, KILA tahun lalu telah menghasilkan karya-karya berkualitas, karya dari anak bangsa yang kami tindaklanjuti dengan perekaman dan pembuatan video musik.

"Tahun ini kembali membuka kesempatan bagi anak-anak Indonesia untuk menunjukkan kemampuan dan kebahagiaan melalui KILA 2021," kata  Nadiem.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved