Breaking News:

Berita Nasional

Bidik Peluang Usaha di Tengah Pandemi, Sandiaga Uno Fokus Pengembangan Digitalisasi Wirausaha Muda

Bidik Peluang Usaha dan Lapangan Kerja di Tengah Pandemi, Sandiaga Uno Fokus Pengembangan Digitalisasi Wirausaha Muda

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno berada di Adian Nalambok yang terletak di lembah sisi selatan Danau Toba, tepatnya Kecamatan Tampahan, Toba Samosir, Sumatera Utara pada Kamis (10/6/2021) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pandemi covid-19 yang melanda Indonesia berdampak negatif terhadap perekonomian bangsa, khususnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) nasional. 

Jumlah kunjungan wisatawan, baik wisatawan mancanegara maupun domestik menurun secara signifikan yang berimbas kepada menyusutnya devisa hingga 30 persen dan tergerusnya lapangan kerja sebesar 6,7 persen. 

Kenyataan pahit itu diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno dalam dies natalis ke-40 Universitas PGRI Semarang bertajuk 'Menyiapkan SDM yang Berorientasi pada Pengembangan Ekonomi Kreatif' secara virtual pada Jumat (23/7/2021). 

Baca juga: Buka Lapangan Kerja, Sandiaga Uno Ajak Diaspora Promosikan Dangdut di Amerika Serikat

Walau terjadi resesi, tiga sub sektor ekonomi kreatif andalan, yaitu kuliner, kriya dan fesyen diungkapkannya masih bertahan.

Ekonomi kreatif hanya turun sebesar 2,5 persen dan tenaga kerja berkurang sebanyak 2,5 persen, namun nilai ekspor turun lebih signifikan sebesar minus 12,93 persen selama pandemi covid-19.

Begitu juga dengan potensi digital di Indonesia justru mengalami peningkatan di tengah pandemi covid-19. 

E-commerce dipaparkannya kini mewadahi 8 juta unit usaha kreatif, penggunaan teknologi dari sisi media sosial pun mencapai 65 persen dengan total pengguna internet mencapai sebesar 64 persen. 

Merujuk hal tersebut, dirinya menegaskan pemulihan sektor parekraf nasional harus difokuskan kepada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). 

Baca juga: Dukung Kebijakan PPKM Level 4, Sandiaga Uno: Dorong Percepatan Pemulihan dan Ciptakan Lapangan Kerja

Alasannya karena ekonomi kreatif berlandaskan kreatifitas dan inovasi, berlandaskan kemampuan SDM menciptakan nilai tambah dan memiliki nilai jual yang tinggi.

"Bagaimana ekonomi kreatif menciptakan semangat kewirausahaan, inovasi dan kreatifitas serta tentunya bagaimana ekonomi kreatif menghadirkan transformasi digital dengan mental enterpreneurship," ungkap Sandiaga Uno pada Jumat (23/7/2021).

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved