Berita Nasional

Pulihkan Sektor Parekraf, Sandiaga Uno Kolaborasi UNHAS Kembangkan SDM Menuju Indonesia Emas

Pulihkan Sektor Parekraf, Sandiaga Uno Kolaborasi UNHAS Kembangkan SDM Menuju Indonesia Emas. Berikut Selengkapnya

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia Sandiaga Uno ketika menyambangi Universitas Hasanuddin (UNHAS), Jalan Perintis Kemerdekaan, Tamalanrea Indah, Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada Jumat (18/6/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, SULAWESI SELATAN - Tak hanya pembangunan infrastruktur, pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) diungkapkan Menparekraf Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno juga meliputi pengembangan sumber daya manusia (SDM). 

SDM yang mumpuni, khususnya dalam bidang parekraf diharapkannya dapat menghadirkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan, sehingga menjadi tumpuan Indonesia Emas 2045 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno ketika menyambangi Universitas Hasanuddin (UNHAS) Jalan Perintis Kemerdekaan, Tamalanrea Indah, Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada Jumat (18/6/2021).

Dalam paparannya, dirinya mengungkapkan pandemi covid-19 memaksakan seluruh pihak untuk meningkatkan keterampilan, khususnya digitalisasi serta adaptasi protokol kesehatan.

Baca juga: Buka Peluang Usaha dan Lapangan Kerja, Sandiaga Uno Dukung Penuh Pelaksanaan Makassar Jazz Festival

"Pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya dalam pendekatan SDM kita harus terus dilakukan untuk pemulihan ekonomi. Dan penciptaan peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat," ungkap Sandiaga Uno pada Jumat (18/6/2021).

Hal selanjutnya dijelaskan Sandiaga Uno sejalan dengan pernyataan Dekan Fisip UNHAS Prof Dr Armin Arsyad, yakni menghadirkan ekonomi yang berkeadilan dan berkelanjutan. 

Selain itu, ekonomi yang terbuka bagi seluruh masyarakat untuk kebangkitan menuju Indonesia Emas 2045.

Baca juga: Ciptakan Lapangan Kerja, Sandiaga Uno Ajukan Maros Pangkep untuk Menjadi UNESCO Global Geopark

"Oleh karena itu pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan akan menjadi tumpuan. Sehingga kebijakan-kebijakan yang tepat manfaat, tepat sasaran dan tepat waktu bisa tereksekusi dengan baik," jelas Sandiaga Uno.

Tak hanya itu, dirinya juga sependapat dengan langkah UNHAS dalam konservasi lingkungan. 

Kegiatan tersebut menurutnya dapat dikolaborasikan dengan sejumlah program Kemenparekraf untuk membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia.

Baca juga: Ajak Atta dan Thariq Halilintar, Sandiaga Uno Dorong Kabupaten Maros Kembangkan Desa Wisata

"Tadi ada beberapa pemikiran juga mengenai konservasi lingkungan dan beberapa program yang sedang dijalankan dan akan terus dikembangkan oleh UNHAS yang akan dapat kami kolaborasikan untuk membuka peluang usaha dan lapangan kerja," ungkap Sandiaga Uno.

"Sehingga kebangkitan ekonomi Indonesia, harapan kita untuk segera pulih pasca pandemi ini bisa terwujudkan," tutupnya.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved