Breaking News:

Berita Nasional

Ciptakan Lapangan Kerja, Sandiaga Uno Ajukan Maros Pangkep untuk Menjadi UNESCO Global Geopark

Ciptakan Lapangan Kerja, Sandiaga Uno Sodorkan Maros Pangkep untuk Dijadikan Global Geopark Oleh UNESCO. Berikut Selengkapnya

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Uno saat meninjau Maros Pangkep Geopark, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan pada Kamis (17/6/2021).  

WARTAKOTALIVE.COM, SULAWESI SELATAN - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno memberikan dukungan penuh terhadap pengajuan Maros Pangkep Geopark ke UNESCO.

"Saya hari ini memberikan dukungan penuh terhadap Maros Pangkep Geopark, yang kita ajukan sebagai UNESCO Global Geopark," ujar Sandiaga Uno saat meninjau Maros Pangkep Geopark, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan pada Kamis (17/6/2021). 

Sandiaga Uno mengungkapkan apabila berkaca dengan kesuksesan Belitung yang ditetapkan sebagai  UNESCO Global Geopark.

Maka Global Geopark nanti di Maros Pangkep ini diharapkan dapat mengulangi kesuksesan yang sama.

"Global Geopark dapat meningkatkan daya tarik wisata, terutama dari segi kelestarian alam dan lingkungan, membuka lapangan kerja seluas-luasnya, mengangkat kearifan lokal. Serta menjadikan Kabupaten Pangkep mengalami pertumbuhan ekonomi lebih baik sehingga bisa mensejahterakan masyarakatnya," kata Sandiaga Uno.

Apalagi kata Sandiaga Uno banyak produk ekonomi kreatif dan pariwisata di Pangkep yang amat potensial untuk dikembangkan kedepannya.

"Produk ekonomi kreatif di Pangkep baik berbasis kuliner, kriya, fashion, ini bisa sangat diunggulkan. Saya sudah cicipi, dan saya yakini lebih baik daripada salad-salad yang pernah saya makan, yaitu Pangkep Pamelo Salad. Jeruk Bali yang sering disebut sebenarnya adalah jeruk besar Pangkep," jelas Sandiaga Uno.

Baca juga: Ajak Atta dan Thariq Halilintar, Sandiaga Uno Dorong Kabupaten Maros Kembangkan Desa Wisata

Sebelum bertugas sebagai Menparekraf, Sandiaga Uno mengaku ada target 244 desa wisata. Hal ini ia ubah, dan kini Kemenparekraf telah menyentuh lebih dari 1.200 Desa Wisata yang memiliki potensi.

"Kita mengajak setiap kabupaten dan kadis untuk menargetkan. Saya melihat potensi di Sulawesi Selatan ada 50 desa wisata yang dapat didaftarkan di Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. Harapannya desa-desa wisata ini dapat menjadi produk destinasi wisata unggulan andalan dan sentra ekonomi kreatif yang sangat mumpuni di era pandemi dan melambatnya ekonomi," ungkap Sandiaga Uno.

Kata Sandiaga Uno ada lebih dari 300 desa wisata yang akan mendaftar di Anugerah Desa Wisata, sehingga masing-masing desa dapat menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi Indonesia.

Baca juga: Sandiaga Uno Jadi Sopir Tembak di Istana, Didampingi Airlangga Boncengi Nadiem & Budi Gunadi Sadikin

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved