Breaking News:

Berita Nasional

Bangkitkan Perekonomian, Sandiaga Uno Ajak Masyarakat Kabupaten Bima Kembangkan Desa Wisata

Bangkitkan Perekonomian Sekaligus Ciptakan Lapangan Kerja, Sandiaga Uno Ajak Masyarakat Dompu, Kabupaten Bima, NTB Kembangkan Desa Wisata

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Sandiaga Uno saat berkunjung ke Rumah Adat Uma Lengge Wawo, Desa Maria, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (13/6/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, NUSA TENGGARA BARAT - Bangkitkan perekonomian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno mengajak masyarakat tiga desa di Kabupaten Bima untuk ikut serta dalam ajang Anugerah Desa Wisata 2021.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno saat berkunjung ke Rumah Adat Uma Lengge Wawo, Desa Maria, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (13/6/2021).

"Saya hadir disini untuk memberikan apresiasi desa wisata Maria menjadi simbol Indonesia bangkit. Dan saya harapkan ini akan membawa multiplayer efek seperti membuka lapangan pekerjaan, mempromosikan desa wisata, menggerakkan ekonomi, dan mensejahterakan masyarakat Kabupaten Bima dan sekitarnya," ujar Sandiaga Uno.

Baca juga: Gerakkan Perekonomian Masyarakat Bima, Sandiaga Uno Jadikan Pacuan Kuda Panda Sebagai Event Nasional

Ia menyebutkan harapannya agar tiga kategori yang belum ada disini, seperti kategori Desa Homestay, Desa Digital, Desa Konten Kreatif dapat segera dibangun.

"Untuk Konten Kreatif saya tugaskan Atta dan Aurel untuk membantu, desa homestay saya tugaskan mas Rudi Mbojo, untuk Desa Digital saya tugaskan diri saya sendiri agar desa disini memiliki sinyal internet yang kuat, tidak lemot," tambah Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno menugaskan untuk wilayah Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Bima ikut dalam 30 desa wisata dalam anugerah desa wisata 2021 di halaman official Kemenparekraf sampai 16 Juli 2021.

Baca juga: Buka Lapangan Kerja, Sandiaga Uno Dorong Kecamatan Kuta Bisa Ramai Dikunjungi Turis Mancanegara

"Masing-masing boleh 20, 5, atau 10. Tapi totalnya 30, karena hadiahnya Miliaran rupiah. Saya harap dengan ini bisa bergerak kembali ekonomi kita, dan kategori - kategori desa yang tadi harap dilengkapi," kata Sandiaga Uno.

Nampak ada beberapa sampah yang belum dibuang pada tempatnya. Sandiaga Uno langsung instruksikan ada tong sampah di lokasi objek wisata tersebut.

Hal tersebut disampaikannya termasuk dalam kategori CHSE (Cleanliness, Health, Safety dan Environment Sustainability).

"Gak pakai lama, gak pakai ribet, ruwet, dan mumet, langsung kita adakan tong sampah ini," tuturnya.

"Kami juga akan meremajakan bangunan wisata yang sudah mulai lapuk untuk dilakukan restorasi. Saya berkoordinasi dengan Bupati dan Kementerian PU dan Pera. Karena Uma Lengge ini punya nilai budaya dan kearifan lokal. Harapannya bisa langsung tereksekusi sebagai bagian dari revitalisasi desa wisata," ungkap Sandiaga Uno.

Baca juga: Pariwisata Bali Dibuka Kembali, Sandiaga Uno Berharap Usaha Ibu Trias dan Ibu Kadek Bangkit Lagi

Bersamaan dengan upaya restorasi bangunan wisata bersejarah, Sandiaga Uno juga memastikan perhelatan ajang balap motor berskala internasional di Sirkuit Mandalika dapat berlangsung sukses.

Tujuannya agar dapat meningkatkan perekonomian sekaligus membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat di NTB.

"World Superbike pada 14 November 2021 akan digelar di Mandalika. Oleh karena itu saya diberikan tugas untuk menghadirkan pola perjalanan untuk meningkatkan kualitas kunjungan dan lama kunjungan sekaligus memberikan kesempatan kepada para penonton dan pengunjung Superbike untuk mengunjungi daerah lain seperti di Bima," ungkap Sandiaga Uno.

"Jadi ini yang akan kita lakukan secara kongkrit, pola-pola paket wisata ini akan kita luncurkan menuju November," tutupnya.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved