Breaking News:

Jaringan 5G

Johnny G Plate Terus Dorong Operator untuk Mengembangkan Jaringan 5G di Indonesia

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate senang operator seluler yang ingin menghadirkan jaringan 5G di Indonesia.

Editor: Valentino Verry
Kompas.com
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyambut baik niat operator seluler yang ingin menghadirkan jaringan 5G di Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyambut baik niat operator seluler yang ingin menghadirkan jaringan 5G di Indonesia.

Untuk itu, Kominfo membuka pintu untuk operator seluler yang ingin mengembangkan jaringan 5G di Indonesia.

Pemerintah tak ingin 5G hanya dikembangkan beberapa pihak sehingga terjadi praktek monopoli dalam pengadaan jaringan ini.

"Pemerintah telah menempatkan pilihan teknologi 5G adalah teknologi netral. Karenanya, sangat tergantung kepada pilihan operator seluler untuk memanfaatkan pilihan teknologinya," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate dalam keterangannya, Kamis (3/62021).

Baca juga: 5G Hadir di Solo, Dirut Telkomsel Pamer Kecepatan Internet 816MB per Detik

Menurut Johnny, sikap ini diambil Kominfo untuk mempertimbangkan dua aspek penting yakni bisnis dan keadaan digital di Indonesia.

Pengembangan 5G dibebaskan menggunakan metode apa pun, selagi masih mengikuti regulasi dari pemerintah.

"Untuk itu, saya berharap operator seluler memilih teknologi terapannya, teknologi baru di generasi kelima telekomunikasi yang tepat agar efisien, baik di infrastruktur maupun di operasionalnya, tentu itu kita harapkan. Selama itu dilakukan sesuai regulasi di Kominfo, kami akan terus mendorong penerapan teknologi itu" tambah Johnny.

Lebih lanjut Johnny mengatakan, pemerintah juga butuh bantuan operator seluler mengembangkan jaringan 5G di Indonesia.

Melalui teknologi generasi kelima itu, Johnny berharap 5G akan mendorong pemerataan jaringan seluler di Indonesia cepat terlaksana.

"Karenanya kerja sama dengan pemerintah daerah juga menjadi penting, agar ada regulasi-regulasi yang memungkinkan deployment ICT infrastruktur mendukung 5G bisa dengan cepat dan mudah dilakukan," tutur Johnny.

Baca juga: Sudah Ajukan ULO ke Kominfo, Indosat Ooredoo segera Hadir dengan Jaringan 5G di Indonesia

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved