Breaking News:

Pendataan Warga yang Mudik, Mulai Dari Tes Antigen Hingga Pemasangan Stiker

Pihaknya berkoordinasi dengan RT/RW untuk menjemput bola warga yang mudik. Bimas dan Babinsa sudah memasang stiker rumah warga yang mudik.

Wartakotalive.com/Desy Selviany
Penempelan stiker di rumah pemudik di Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat, Minggu (16/5/2021) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Warga yang kembali ke Jakarkta setelah mudik wajib menjalani swab antigen. Hal itu dilakukan apabila yang bersangkutan belum memiliki surat yang berkaitan dengan hasil swab antigen.

Berkaitan dengan hal tersebut Polsek Metro Tamansari menyiapkan mobil pemburu Covid-19 untuk melacak  warga yang pulang dari mudik.

Kapolsek Metro Tamansari AKBP Iver Son Manossoh mengatakan bahwa pihaknya menerapkan sistem jemput bola untuk memburu atau melacak para pemudik yang kembali ke Jakarta.

"Agar mempercepat proses tracing dan testing. Kami terapkan sistem jemput bola ke RT/RW di Tamansari. Hal ini agar yang reaktif Covid-19 lebih cepat terdeteksi," ujar Iver ditemui saat gelar swab antigen gratis di RW 06, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat, Minggu (16/5/2021).

Baca juga: Ada Kebijakan Larangan Mudik, Terminal Bus Kampung Rambutan Sepi Penumpang

Baca juga: Dinas Perhubungan Siagakan 14 Bus Sekolah untuk Evakuasi Warga yang Reaktif Covid-19

Iver mengatakan, bahwa pihak Bimas, bersama Babinsa dan RT RW sudah mendata warga Tamansari yang melakukan perjalanan mudik. Data sementara, ada 175 warga Tamansari yang mudik lebaran 1442 H.

Pihaknya berkoordinasi dengan RT/RW untuk menjemput bola warga yang mudik. Bimas dan Babinsa sudah memasang stiker rumah warga yang mudik.

Apabila warga sudah kembali, mobil pemburu Covid-19 akan dikerahkan ke RT/RW yang warganya mudik. Misalnya saja seperti di RT 05 dan RT 06 di RW 06 Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat.

Terdata ada 16 warga mudik yang sudah kembali dan menjalankan swab antigen yang digelar oleh Polsek Metro Tamansari. "Mereka yang belum mempunyai swab antigen sehingga harus menjalani test. Untungnya semua hasilnya negatif," jelas Iver.

Saat ini pihaknya sudah menyediakan 250 alat swab antigen untuk memeriksa warga mudik yang kembali ke Tamansari, Jakarta Barat.

Selain mobile, Polsek Metro Tamansari juga mendirikan posko swab antigen gratis di Mapolsek. Warga yang telah  melakukan perjalanan dipersilakan ikut tes swab antigen di Mapolsek Metro Tamansari.

Halaman
12
Penulis: Desy Selviany
Editor: Agus Himawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved