Breaking News:

Warta Bisnis

Halal Modern Valley di Banten Bakal Menjadi Klaster Industri Halal Terbesar Pertama di Indonesia

Rencananya pembangunan KIH yang dikelola oleh PT Modern Industrial Estate tersebut akan berjalan dalam jangka waktu lima tahun dengan tiga tahapan.

Penulis: | Editor: Feryanto Hadi
Dok. ModernCikande Industrial Estate
Modern Halal Valley 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, menyampaikan bahwa Halal Modern Valley, Kawasan Industri Modern Cikande, Banten, akan menjadi klaster industri halal terintegrasi pertama dan terbesar se-Indonesia dengan luas mencapai 500 hektare.

Kawasan Industri Halal (KIH) Halal Modern Valley merupakan area yang didesain dengan sistem dan fasilitas untuk mengembangkan industri yang memproduksi produk halal sesuai prinsip syariah. 

Fasilitas pendukung yang telah ada dan akan tersedia di KIH Modern Cikande, antara lain proses yang terintegrasi beserta fasilitas pendukung, pusat penelitian dan pengembangan, politeknik teknologi pangan, sistem manajemen mutu halal, lembaga pembiayaan syariah, serta pelabuhan.

Baca juga: Sri Mulyani Sebut Ada Dua Daerah Jadi Piloting Industri Halal, Dimana Saja?

Baca juga: Potensi Sumatera Barat Jadi Lokasi Wisata Halal Indonesia Taraf Internasional, Ini Kata Ahmad Muzani

Tak hanya itu, di kawasan ini juga akan tersedia fasilitas kepabeanan.

Menperin mengungkap rencananya pembangunan KIH yang dikelola oleh PT Modern Industrial Estate tersebut akan berjalan dalam jangka waktu lima tahun dengan tiga tahapan.

"Tahap pertama akan dibangun pada lahan seluas 150 hektare, tahap kedua seluas 150 hektare dan tahap ketiga seluas 200 hektare," tutur Agus melalui keterangan resmi, Rabu (12/5/2021).

Sebagai informasi, pengembangan tahap pertama kawasan ini telah dilakukan sejak Oktober 2019.

"Berdasarkan masterplan, KIH akan dikembangkan menjadi klaster industri halal sebagai ekosistem halal dari hulu sampai hilir, termasuk sistem logistiknya dengan harapan menjadi hub halal internasional di Indonesia," jelas Menperin.

Terkait infrastruktur halal, manajemen KIH Halal Modern Valley telah bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dan Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM MUI) dalam hal pengembangan dan desain integrasi industri halal di KIH. 

"Guna mengakselerasi pembangunannya, Kemenperin telah menerbitkan Surat Keterangan Kawasan Industri Halal bagi KI Modern Cikande pada 2 September 2020 lalu, yang diverifikasi oleh Kemenperin, Kementerian Agama dan MUI sesuai Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 17 Tahun 2020 tentang Tata Cara Memperoleh Surat Keterangan dalam Rangka Pembentukan Kawasan Industri Halal," terang Agus.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved