Larangan Mudik

Larangan Mudik Jelang Idul Fitri, Sejumlah Kendaraan Melintas ke Arah Puncak Bogor Didominasi Plat B

Sejumlah kendaraan dari luar wilayah Bogor, Jawa Barat berdatangan melintas mengarah Puncak, Selasa (11/5/2021).

Editor: Panji Baskhara
(Tribunnews.com/Hari Darmawan)
Menjelang Hari Raya Idul Fitri, mulai marak kendaraan dari luar wilayah Bogor, Jawa Barat melintas ke arah Puncak, pada Selasa (11/5/2021). Kendaraan-kendaraan yang didominasi Plat B tersebut langsung diperiksa petugas di checkpoint penyekatan larangan mudik Lebaran 2021, di Simpang Gadog Ciawi, Bogor guna mengetahui ada tidaknya pengendara membawa surat perjalanan hingga surat bebas Covid-19. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Sejumlah kendaraan dari luar wilayah Bogor, Jawa Barat berdatangan melintas mengarah Puncak, Selasa (11/5/2021).

Sejumlah kendaraan dari luar wilayah Bogor seperti Jakarta dan Tangerang yang melintas ke arah Puncak, wajib diperiksa petugas.

Pengendara asal Jakarta dan Tangerang ini diperiksa petugas di checkpoint penyekatan larangan mudik Lebaran 2021, di Simpang Gadog Ciawi, Bogor.

Sebelumnya, pemerintah melarang warganya melakukan mudik lokal di wilayah aglomerasi, seperti Jabodetabek.

Baca juga: Disnaker Kabupaten Bogor Terima 13 Laporan Terkait Kendala Pembayaran THR

Baca juga: Akibat Larangan Mudik Okupansi Hotel di Bogor Turun selama Libur Lebaran

Baca juga: Pos Penyekatan Sering Jebol, Irjen Fadil Imran Gandeng Mayjen Dudung Tegakkan Larangan Mudik Lebaran

Maka dari itu, perlunya para pelaku perjalanan memasuki wilayah Puncak Bogor harus bertemu titik checkpoint penyekatan, guna memeriksa surat perjalanan, hingga surat bebas Covid-19.

Bila tidak memiliki surat perjalanan yang sudah menjadi aturan, maka akan diminta putar balik ke wilayah asal.

Menurut salah satu petugas Dinas Perhubungan yang bertugas hari ini, jelang Lebaran kendaraan sudah mulai ramai kembali, dan nampak berbeda dengan dua hari sebelumnya.

"Dua hari sebelumnya, kendaraan berplat B tidak begitu banyak seperti hari ini," ujarnya seorang petugas ketika ditemui di lokasi.

"Hari ini sudah mulai ramai kembali, dan banyak kendaraan dari luar wilayah," tambahnya.

Kemudian menurutnya, kendaraan dengan plat B ini akan dipasangi stiker dan diminta putar balik apabila tidak memiliki surat perjalanan yang ditetapkan pemerintah.

"Stiker ini, untuk memberikan tanda apabila melewati kembali penyekatan di wilayah Bogor maka sudah dapat disortir bahwa sempat dilarang di penyekatan sebelumnya," ujarnya.

Kemenhub Terbitkan Larangan Mudik Lokal

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerbitkan kebijakan larangan mudik untuk wilayah aglomerasi.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menyebutkan, peniadaan larangan mudik lokal atau antar wilayah aglomerasi ini sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

Meski ada kebijakan larangan mudik lokal, lanjut Adita, layanan transportasi tetap berjalan dan tidak ada penyekatan yang dilakukan oleh petugas.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved