Lebaran 2021

Kemenhub Akan Tindak Tegas Travel Gelap yang Nekat Beroperasi Pada Periode Larangan Mudik

Pemerintah tidak akan memberikan celah bagi para pelaku travel gelap yang beroperasi nanti pada periode larangan mudik.

Warta Kota/Budi Malau
Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mengamankan sejumlah mobil travel gelap yang mengangkut sejumlah pemudik dari beberapa titik pengetatan pemudik. Mereka nekad meski ada kebijakan larangan mudik. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Pemerintah menerbitkan kebijakan peniadaan kegiatan mudik lebaran pada periode 6-17 Mei 2021, yang melarang semua operasional moda transportasi publik untuk mengangkut penumpang yang hendak pulang kampung.

Pada 2020 lalu, pemerintah juga melarang kegiatan mudik bagi masyarakat.

Imbas dari tidak beroperasinya transportasi publik untuk masyarakat, memicu adanya travel gelap yang mengangkut pemudik untuk mudik.

Video: Suasana Ramadan di Kota Termez Uzbekistan, Kota Kelahiran Imam At Tirmizi

Terkait hal tersebut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebutkan bahwa akan menindak tegas, travel gelap yang beroperasi pada saat periode larangan mudik 6-17 Mei 2021.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, pihaknya tidak akan memberikan celah bagi para pelaku travel gelap yang beroperasi nanti pada periode larangan mudik.

"Kami tidak akan mentoleransi para pelaku travel gelap yang nekat beroperasi nanti dan akan berkoordinasi dengan Polri untuk menindak tegas para oknum ini," ucap Adita saat dikonfirmasi Kamis (29/4/2021).

Baca juga: Polda Metro Jaya Amankan Puluhan Mobil Travel Gelap yang Nekad Melawan Larangan Mudik

Baca juga: Antisipasi Travel Gelap, Terminal Lebak Bulus Akan Tutup Total 6-17 Mei 2021

Adita juga mengungkapkan, adanya larangan mudik ini sebagai upaya dalam menekan penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Hal ini karena kegiatan mudik memiliki potensi penularan Covid-19 di tujuan pemudik.

Kemenhub Lakukan Langkah Antisipasi Beroperasinya Travel Gelap

Sebelumnya Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, siap bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk mengantisipasi adanya kendaraan pribadi yang dijadikan angkutan travel untuk memfasilitasi pemudik.

Baca juga: UPDATE Larangan Mudik, Polda Metro Jaya Awasi Penawaran Jasa Travel Gelap di Media Sosial

Menurut Budi, pihaknya bersama dengan Korlantas Polri akan melakukan penyekatan atau checkpoint di sejumlah wilayah untuk mengantisipasi adanya angkutan travel plat hitam tersebut.

"Kami bersama Korlantas Polri tentunya akan bekerjasama untuk mengantisipasi hal tersebut, dan nantinya kendaraan travel plat hitam yang kedapatan membawa pemudik akan dikenakan sanksi berupa tilang," kata Budi saat dikonfirmasi, Selasa (13/4/2021).

Sebelumnya Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) berharap, dalam aturan larangan Mudik Lebaran 2021 ada pengawasan ketat terhadap angkutan plat hitam yang mengangkut penumpang layaknya travel. (Hari Darmawan)

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved