Breaking News:

Bulan Suci Ramadan

Berendam di Sungai Supaya Tetap Segar Saat Berpuasa, Kapolres Metro Jakarta Utara Kenang Masa Kecil

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Guruh Arif Darmawan mengenang masa kecilnya saat berpuasa di rumah orangtuanya di Tulungagung, Jawa Timur.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Guruh Arif Darmawan mengenang masa kecilnya saat berpuasa bersama orang tuanya di Tulungagung, Jawa Timur. 

WARTAKOTALIVE.COM, KOJA - Menjalankan ibadah puasa merupakan sebuah kewajiban bagi setiap umat Islam. Mereka harus mampu bisa menahan rasa haus dan lapar hingga sampai dengan matahari terbenam. 

Namun terkadang bagi anak-anak, menahan haus dan lapar bukan lah perkara yang mudah. Bahkan terkadang anak-anak yang masih belajar, tidak bisa berpuasa satu bulan penuh lamanya. 

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Guruh Arif Darmawan pun teringat saat menghabiskan masa kecilnya ketika masih tinggal bersama orangtua di wilayah Tulungagung, Jawa Timur. 

Baca juga: Kisah Camat Bojonggede Semasa Kecil, Jualan Kerupuk di Pinggir Jalan Hingga Manjat Pohon Jambu

Guruh menceritakan dirinya tumbuh di lingkungan yang religius. Kedua orangtuanya yang berprofesi sebagai guru, sudah mengajarkan Guruh kecil agar belajar berpuasa sejak dini. 

“Lingkungan rumah kami kan sangat religius. Jadi sejak umur 7-8 tahun sudah mulai dilatih puasa,” ungkap Guruh, Selasa (27/4/2021). 

Dengan apa yang diajarkan itu, Guruh mengaku selalu rajin berpuasa selama 30 hari sejak masih kecil. Namun bukan berarti saat-saat menjalani ibadah puasa, dirinya tanpa mengalami rintangan. 

Baca juga: Wawancara Ozan Kabak: Liverpool FC Adalah Klub Masa Kecil Saya, Ini Adalah Mimpi

Ketika masih berumur 9-10 tahun, Guruh kecil yang aktif bermain di pematang sawah, bersama teman-temannya memilih berendam di sungai untuk mengurangi rasa dahaga. 

“Namanya anak kecil, pas puasa siang hari, haus, panas, berendam di sungai. Kebetulan kan dekat rumah ada sungai,” kenang lulusan Akpol 1995 itu. 

Guruh pun semasa kecil mengaku tidak pernah bolong dalam menjalankan ibadah puasa. Apalagi ketika itu ada iming-iming dirinya akan mendapat uang apabila bisa berpuasa selama satu bulan.

Baca juga: Joe Biden Menang Pilpres AS, Ternyata Masa Kecilnya Sering Dibully

“Kalau batal saya belum pernah dan dulu diiming imingi kalau misalkan puasa genap 30 hari tanpa ada bolong bolong, kita dapat hadiah, uang yang baru, yang masih kaku,” ujar Guruh. 

Halaman
123
Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved