Breaking News:

Larangan Mudik

Kemenhub: Jangan Dibayangkan Larangan Mudik tidak Ada Kendaraan yang Melintas

Staf Khusus Menteri Perhubungan Adita Irawati mengatakan kendaraan masih bisa melintas saat adanya kebijakan larangan mudik dengan syarat.

Instagram @aditairawati
Staf Khusus Menteri Perhubungan Adita Irawati mengatakan kendaraan masih bisa melintas saat adanya kebijakan larangan mudik dengan syarat dan ketentuan berlaku. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Adanya larangan mudik bagi masyarakat pada 6-17 Mei 2021 mendatang bukan berarti tidak ada kendaraan yang melintas. 

Staf Khusus Menteri Perhubungan Adita Irawati mengatakan kendaraan masih bisa melintas saat adanya kebijakan larangan mudik dengan syarat dan ketentuan berlaku. 

Hal itu diungkapkan Adita dalam diskusi daring ‘Bahaya Covid Masih Mengintai, Sayangi Keluarga di Kampung dengan Tidak Mudik’ yang digagas Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional. 

Baca juga: Polisi Siap Terapkan Sanksi Larangan Mudik Sesuai SE Satgas Covid-19, dari Denda hingga Kurungan

Baca juga: Antisipasi Larangan Mudik Lebaran, Polres Bogor Lakukan Penyekatan di Tujuh Titik Perbatasan

“Jangan dibayangkan pas pelarangan nggak ada kendaraan sama sekali. Ada kendaraan logistik, kan harus dijamin bahan pokok juga," ujarnya, Rabu (21/4/2021). 

Selain itu, perjalanan dengan kategori tertentu juga mendapat pengecualian.

Mereka yang harus berangkat keluar kota saat ada larangan mudik wajib memberikan surat tugas dari atasannya. 

"Pelarangan mudik tetap ada aktivitas bergerak dan boleh melakukan perjalanan seperti pekerja dan pegawai yang punya kepentingan dengan surat tugas dari kantor, dan ini harus,” ucapnya. 

Untuk itu Adita mengatakan pihaknya bekerja sama dengan TNI-Polri maupun Satgas Penanganan Covid-19 dan pemerintah daerah setempat untuk melakukan pengawasan dan pengendalian.

Baca juga: Mabes Polri Rakor Dengan Kementerian Terkait Siapkan Operasi Ketupat dan Larangan Mudik

Baca juga: Survei Kemenhub, meski Ada Larangan Mudik, Tujuh Juta Masyarakat Indonesia Tetap Pulang Kampung

“Kami menindaklanjuti dengan pengendalian, melarang transportasi umum dan pribadi untuk mudik, untuk kegiatan lain dan non mudiki,” ujar Adita.

Nantinya petugas di lapangan akan melakukan penindakan dengan tegas tapi persuasif kepada masyarakat yang tetap nekat mudik ke kampung halaman. 

“Kami nggak ingin mengeluarkan banyak sanksi harapannya dengan ada sosialisasi masyarakat terbuka pikirannya,” ungkapnya.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Valentino Verry
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved