Breaking News:

Kabar Duka

Kompol Albert Papilaya Mantan Petinju Nasional Meninggal Dunia Karena Sakit di Ternate

Albert Papilaya meninggal dunia setelah menjalani perawatan intensif di IGD RSUD Dr. H Chasan Boesoerie, Ternate, Maluku Utara.

Facebook
Komisaris Polisi Albert Papilaya mantan petinju nasional meninggal dunia karena sakit di kampung halamannya Ternate, Maluku Utara 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Mantan petinju nasional, Komisaris Polisi Albert Papilaya, meninggal dunia pada jam 00.45 WIB, Minggu (18/4/2021).

Albert Papilaya meninggal dunia setelah menjalani perawatan intensif di IGD RSUD Dr. H Chasan Boesoerie, Ternate, Maluku Utara.

Ucapan bela sungkawa atas kepergian Albert Papilaya datang dari berbagai kalangan, khususnya olahraga Tanah Air.

Salah satu sosok yang terpukul dengan kepergian Albert Papilaya adalah wartawan senior yang kini bekerja sebagai staf khusus Menpora, Mahfudin Niagara.

Albert Papilaya saat masih aktif sebagai petinju amatir nasional di kelas 75 kg
Albert Papilaya saat masih aktif sebagai petinju amatir nasional di kelas 75 kg (Kompas.id)

"Sebagai wartawan senior yang mengenal Albert Papilaya, saya ikut berduka yang dalam atas wafatnya sahabat, adik, dan atlet nasional kita. Semoga amal ibadahnya diterima dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan," kata Mahfudin Niagara dikutip dari situs Antara.

Selama menjadi atlet, Albert Papilaya berhasil meraih sederet prestasi internasional. Salah satu prestasi terbaik Albert Papilaya adalah menjadi perempat finalis Olimpiade Barcelona 1992.

Albert Papilaya saat itu turun di kelas 75kg. Di level ASEAN, Albert Papilaya tercatat sudah menyumbangkan total tujuh medali emas SEA Games.

Baca juga: Anthony Joshua Petinju Inggris Pamer Lengan Besar Jelang Pertarungan Lawan Tyson Fury

Baca juga: Oscar De La Hoya Terpanggil untuk Kembali Bertanding karena Kesal Lihat Petinju saat ini

Sosok kelahiran Tobelo, Maluku Utara, pada 15 September 1967 itu juga pernah meraih empat medali emas dan prestasi di Piala Presiden.

Saat masih aktif di dunia tinju amatir, Albert Papilaya bergabung menjadi anggota Brimob pada tahun 1990. 

Usai ajang Olimpiade Barcelona 1992, Albert diajak bergabung oleh Oscar De La Hoya di Amerika Serikat sebagai petinju profesional tapi tidak dizinkan oleh Pangab saat itu Jenderal Try Sutrisno.

Albert Papilaya meninggalkan seorang istri Jety Florence Nanere dan dua putra yaitu Stevenson Filipus Papilaya dan Sugaray Leonard Papilaya
Albert Papilaya meninggalkan seorang istri Jety Florence Nanere dan dua putra yaitu Stevenson Filipus Papilaya dan Sugaray Leonard Papilaya (Facebook)
Halaman
12
Editor: Umar Widodo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved