Breaking News:

Bulan Suci Ramadan

SMAN 3 Cibinong Mewajibkan Muridnya Ikut Kegiatan Sanlat dan One Week One Juzz Secara Daring

SMAN 3 Cibinong, Kabupaten Bogor selenggarakan kegiatan Pesantren Kilat (Sanlat) untuk para siswa dan tenaga pendidiknya.

Penulis: Yudistira Wanne | Editor: Hertanto Soebijoto
TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne
Kepala SMAN 3 Cibinong, Asep Anwar ketika menyampaikan program Ramadan 2021 di sekolahnya, Selasa (13/4/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, CIBINONG - Dalam rangka menjalankan ibadah puasa 1442 Hijriah, SMAN 3 Cibinong, Kabupaten Bogor selenggarakan kegiatan Pesantren Kilat (Sanlat) untuk para siswa dan tenaga pendidiknya.

Kepala SMAN 3 Cibinong, Asep Anwar mengatakan bahwa kegiatan Sanlat tersebut menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya pada saat bulan puasa.

Tidak hanya itu, Asep juga membeberkan, selain Sanlat, SMAN 3 Cibinong memiliki kegiatan One Week One Juzz (OWOJ).

Video: Sosialisasi Larangan Mudik pada 6-17 Mei 2021 di Terminal Tanjungpriok

"Program Sanlat di SMAN 3 Cibinong sudah dilakukan sejak Jumat 9 April 2021, lalu. Itu berbarengan dengan launching One Week One Juzz (OWOJ) salah satu program unggulan KCD Pendidikan Wilayah I di Aula SMAN 3 Cibinong," ujarnya.

Lebih lanjut, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan disaat pandemi Covid-19, pihak SMAN 3 Cibinong memilih melaksanakan kegiatan tersebut dengan sistem daring.

"Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, program Sanlatnya dilakukan secara daring, walaupun dilakukan secara daring, kegiatan Sanlat ini wajib diikuti para siswa atau tenaga akademik yang beragama Islam," tegasnya.

Baca juga: PEMERINTAH Longgarkan Aktivitas saat Ramadan, Istiqlal Tiadakan Buka-Sahur Bersama, Ini Alasannya

Baca juga: Ramadan Kedua di Tengah Pandemi Covid-19, Anies Ingatkan Tak Sia-siakan Kelonggaran yang Diberikan

Terkait program OWOJ, Asep menambahkan, sebenarnya SMAN 3 Cibinong sudah melaksanakan kegiatan One Day One Juzz (ODOJ) sejak beberapa tahun ke belakang.

Namun, saat ini KCD Pendidikan Wilayah 1 juga menggelar secara resmi program OWOJ yang hampir sama dengan apa yang telah dilakukan Civitas Akademika di  SMAN 3 Cibinong, maka hal itu harus dilakukan.

"Kalau One Day One Juzz kita sudah mulai sejak 2 tahun lalu. Tapi untuk kegiatan OWOJ ini sangat positif karena ini bagian dalam peningkatan iman dan taqwa serta untuk pembentukan karakter," jelasnya.

Dengan kegiatan OWOJ, Menurut Asep,  maka siswa akan lebih sering memahami makna-makna atau kandungan arti yang ada di dalam Al Quran untuk dilaksanakan dalam sikap dan pola hidup sehari hari .        

Baca juga: Ada Larangan Mudik, Citilink Hanya Operasikan Penerbangan Kargo

“Saya merasa bangga apa yang telah dilakukan SMAN 3 Cibinong. Sebelumnya dengan One Day One Juzz  kini menjadi bagian program unggulan KCD Pendidikan Wilayah 1 dengan nama kegiatan OWOJ,” tandasnya.

Sumber: Tribun Bogor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved