Breaking News:

Bulan Suci Ramadan

PEMERINTAH Longgarkan Aktivitas saat Ramadan, Istiqlal Tiadakan Buka-Sahur Bersama, Ini Alasannya

Pengelola Masjid Istiqlal tak akan menggelar buka maupun sahur bersama, sebagai upaya mengurangi kerumunan dan memutus rantai penularan Covid-19.

warta kota
Pengelola Masjid Istiqlal tak akan menggelar buka maupun sahur bersama, sebagai upaya mengurangi kerumunan dan memutus rantai penularan Covid-19. Foto ilustrasi: Jemaah Masjid Istiqlal Salat Berjamaah, Selasa (2/6/2020) 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR -- Pemerintah melalui Kementerian Agama telah memberikan kelonggaran aktivitas saat Ramadan 2021 di tengah pandemi Covid-19.

Kebijakan pelonggaran itu disambut antusias umat muslim di Tanah Air dengan mengadakan salat tarawih berjamaah di masjid-masjid hingga musala.

Namun, tidak demikian dengan Masjid Istiqlal Jakarta.

Video: Sosialisasi Larangan Mudik di Terminal Tanjungpriok Jakarta

Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan Masjid Istiqlal Faried F Saenong mengatakan, pengelola masjid tak akan menggelar buka maupun sahur bersama, sebagai upaya mengurangi kerumunan dan memutus rantai penularan Covid-19.

"Istiqlal tidak ada buka puasa dan sahur bersama. Iktikaf juga tidak karena masih pandemi Covid-19," ujar Faried dalam konferensi pers secara virtual, Senin (12/4/2021).

Farid mengatakan, pihaknya sengaja tidak membuka kegiatan buka maupun sahur bersama seperti saat sebelum pandemi.

Baca juga: UPDATE Prakiraan Cuaca Selasa 13 April 2021, BMKG: Hujan Lebat di Sejumlah Daerah di Indonesia

Baca juga: JANGAN Bingung, Pemprov DKI Izinkan Restoran di Mal dan Pusat Perbelanjaan Buka Layani sampai Sahur

Pasalnya pengelola ingin mengantisipasi dari penularan Covid-19, kendati pemerintah telah memberikan kelonggaran aktivitas saat Ramadhan.

Namun untuk aktivitas ibadah seperti salat tarawih, Masjid Istiqlal hanya membuka kapasitas 30 persennya saja atau di bawah saran dari pemerintah yakni 50 persen.

Dengan begitu, kapasitas yang diperbolehkan hanya sekitar 2.300 orang dari total 250 ribu orang.

Halaman
123
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved