Breaking News:

Bulan Suci Ramadan

VIDEO Suasana Tarawih Pertama Ramadan 2021 di Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal sendiri melakukan physical distancing. Masjid Istiqlal juga tidak menyediakan alas bagi warga yang akan salat.

Editor: Murtopo
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Masji Istiqlal akhirnya kembali dibuka pada pelaksanaan ibadah shalat tarawih berjamaah yang digelar Senin (12/4/2021) malam. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Masji Istiqlal akhirnya kembali dibuka pada pelaksanaan ibadah shalat tarawih berjamaah yang digelar Senin (12/4/2021) malam.

Pantauan Tribun Network di Masjid Istiqlal, warga yang akan melaksanakan salat tarawih harus melakukan protokol kesehatan yang ketat.

Masjid Istiqlal sendiri melakukan physical distancing. Masjid Istiqlal juga tidak menyediakan alas bagi warga yang akan salat.

Selain itu membatasi jumlah maksimal jemaah sampai 2.000 orang sampai memberi jarak antar orang dalam satu saf.

Baca juga: Bulan Ramadan di Tengah Pandemi Covid-19, Masjid Raya JIC Tiadakan Acara Sahur dan Buka Bersama

Baca juga: Jumlah Pasien Turun Drastis, Nakes RS Darurat Covid Wisma Atlet Refreshing ke Dunia Fantasi

Masjid Istiqlal sendiri selama bulan Ramadhan hanya dipakai untuk tarawih dan salat lima waktu. Tidak ada buka puasa, salat malam, dan sahur di Masjid Istiqlal.

Sebelumnya Kementerian Agama (Kemenag RI) baru saja mengumumkan hasil Sidang Isbat yang digelar pada Senin (12/4/2021) malam ini.

Berdasarkan hasil sidang isbat tersebut, awal Ramadan 1442 Hijriah jatuh pada Selasa, 13 April 2021.

Penetapan ini disampaikan langsung oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube Kemenag RI, Senin malam.

Sidang isbat yang dihadiri oleh perwakilan ormas islam, MUI dan perwakilan dari negara sahabat.

Baca juga: LIVE STREAMING Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1442 H, Ini Tiga Tahapannya

Ada 13 orang yang di bawah sumpah melihat hilal sudah dilihat sehingga keputusan dari sidang isbat tanpa ada perbedaan dan bersepakat bahwa 1 ramadan jatuh pada tanggal 13 april, Selasa

"Kami menetapkan bahwa 1 Ramadan 1442 Hijriah jatuh pada Selasa, 13 April 2021 esok hari. Jadi nanti malam sudah bisa salat tarawih dan besok sudah bisa sahur dan berpuasa. Saya selaku menteri agama dan atas nama pribadi mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa," kata Yaqut Cholil Qoumas.

Dengan demikian, salat tarawih bisa mulai dikerjakan pada Senin malam ini.

Baca juga: VIDEO Cek Harga Pangan Jelang Ramadan, Wawali Imam Budi Hartono Kunjungi Pasar Agung Depok

Hilal Terlihat

Sebelumnya diberitakan, saat pemaparan sebelum sidang isbat dimulai, Anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kementerian Agama, Cecep Nurwendaya memaparkan tentang posisi hilal awal Ramadan 1442 H.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved