Breaking News:

Bulan Suci Ramadan

Bulan Ramadan di Tengah Pandemi Covid-19, Masjid Raya JIC Tiadakan Acara Sahur dan Buka Bersama

BUlan Ramadan di tengah pandemi Covid-19 membuat pengurus Masjid Raya JIC meniadakan buka dan sahur bersama seperti biasanya.

istimewa
Suasana Masjid Raya JIC Jumat (5/6/2020) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Masjid Raya Jakarta Islamic Centre (JIC), Koja, Jakarta Utara tidak mengadakan kegiatan buka puasa bersama maupun sahur bersama selama bulan Ramadan 1442 Hijriah. 

Ketua Panitia Kegiatan Ramadan Jakarta Islamic Centre Aep Saifullah mengatakan hal tersebut untuk menghindari terjadinya kerumunan yang bisa memicu terjadinya penyebaran Covid-19.

"Kita tidak ada bagi-bagi takjil dan sahur karena seruan dari pemerintah. Kita hindari kalau ada orang yang bebas kerumunan," ucapnya, Senin (12/4/2021).

Baca juga: Masjid Raya JIC Gelar Shalat Jumat Selama PSBB Transisi dengan Sejumlah Ketentuan, Apa Saja?

Sementara kegiatan lainnya yang biasa digelar saat bulan Ramadan seperti tadarus dan kajian terpaksa dilakukan secara daring melalui media sosial.

"Saat ini kita ada yang sifatnya virtual online, ada tadarus online, kajian online. Yang beda dalam hal ini tarawihnya masih tatap muka," ucap Aep.

Sementara terkait Salat Tarawih selama bulan Ramadan dipastikan sesuai aturan pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19.

Baca juga: Masjid Raya JIC Koja Pastikan Laksanakan Salat Idul Adha, Tapi Hanya Menampung Separuh Kapasitas

Di antaranya pembatasan jumlah jemaah menjadi maksimal 50 persen dari kapasitas. Sebelumnya, Masjid Raya JIC bisa menampung hingga 14 ribu orang dan kini maksimal 5-7 ribu orang saja.

"Kita buat saf berjarak, ditandai dengan lakban berwarna kuning, itu sudah kita siapkan. Kalau itu sudah terpenuhi, berarti sudah dicukupkan sesuai dengan aturan," sambungnya.

Sementara jemaah lanjut usia (lansia) serta anak-anak tidak disarankan mengikuti salat tarawih berjamaah.

Baca juga: Penerapan PSBB di DKI Jakarta, Masjid Raya JIC Kembali Ditutup

Namun apabila mereka tetap ingin salat tarawih berjamaah, ada ruangan khusus. 

Selain pembatasan kapasitas, jemaah yang akan menunaikan salat di Masjid Raya JIC juga wajib memakai masker dan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum masuk ke area masjid. 

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved