Breaking News:

Bulan Suci Ramadan

PANDUAN Memilih Menu Buka Puasa dan Sahur Agar Badan Tetap Sehat Selama Bulan Suci Ramadan

Sesuai sunnah Nabi Muhammad, para Muslim bisa mengonsumsi tiga buah kurma saat berbuka, karena makanan ini salah satunya tergolong sumber serat.

Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Wahyu Ika Wardhani, dokter spesialis gizi klinik RSUI, memberikan tips agar tetap sehat selama Ramadan di masa pandemi Covid-19 ini melalui pemilihan menu makanan yang tepat pada saat berbuka puasa dan sahur. Foto ilustrasi: Pedagang menjajakan buah kurma di Kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (28/4/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Hampir dapat dipastikan, awal bulan puasa Ramadan 2021 jatuh pada hari Selasa (13/4/2021).

Karena itu, umat muslim di seluruh Indonesia sudah mulai menyiapkan berbagai hal yang berkaitan dengan ibadah puasa Ramadhan, termasuk menu berbuka hingga menu sahur yang sehat dan terjangkau.

Wahyu Ika Wardhani, dokter spesialis gizi klinik RSUI, memberikan tips untuk Anda agar tetap sehat selama Ramadan di masa pandemi Covid-19 ini melalui pemilihan menu makanan yang tepat pada saat berbuka puasa dan sahur.

Video: Tradisi Ziarah Kubur, Nyekar Jelang Bulan Suci Ramadan

"Untuk makanan sahur, disarankan untuk sumber karbohidrat utamakan dari yang berjenis karbohidrat kompleks seperti nasi beras merah atau roti gandum, perbanyak konsumsi sayur dan buah untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan serat," ujar dia dalam siaran pers RSUI, ditulis Minggu (11/4/2021).

Ika yang lulusan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu juga merekomendasikan Anda mengonsumsi lauk pauk kaya protein seperti ayam, ikan atau telur saat sahur.

Sementara untuk makanan berbuka, dia menyarankan Anda menghindari makan yang terlalu berlebihan dan sebaliknya, nikmatilah makanan secara perlahan.

Baca juga: Jelang Ramadan, Ratusan Masjid dan Musala di Jakarta Timur Disemprot Disinfektan

Baca juga: BMKG: Ijtimak Awal Bulan Suci Ramadan Terjadi pada Senin 12 April 2021 Pukul 09.30 WIB

Terkait jenis makanan, sebaiknya hindari gorengan serta batasi gula sederhana.

Contoh makanan berbuka yang baik misalnya kurma.

Sesuai sunnah Nabi Muhammad, para Muslim bisa mengonsumsi tiga buah kurma saat berbuka, karena makanan ini salah satunya tergolong sumber serat yang baik.

Halaman
123
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved