Breaking News:

Pendidikan

IDeA Indonesia Komitmen Kembangkan Pendidikan Vokasi Berbasis Industri Pariwisata dan Perhotelan

Pariwisata memiliki peran yang penting dalam perekonomian. Sebelum pandemi, sektor pariwisata menyumbang devisa 20 miliar US Dolar.

Editor: Fred Mahatma TIS
Istimewa
IDeA Indonesia Akademi (”IDeA”) menggelar sebuah webinar untuk mengeksplorasi berbagai pandangan seputar isu terkini di sektor pariwisata di Indonesia, termasuk pendidikan vokasi berbasis industri untuk menciptakan sumber daya manusia yang andal. 

Selama 11 tahun beroperasi, IDeA Indonesia telah mengantarkan ribuan alumninya bekerja di industri perhotelan dan kapal pesiar kelas dunia.

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Sebuah webinar untuk mengeksplorasi berbagai pandangan seputar isu terkini di sektor pariwisata di Indonesia digelar oleh IDeA Indonesia Akademi (”IDeA”) baru-baru ini.

Perseroan di bidang akademi dan operator hospitality terintegrasi tersebut mengambil topik webinar tentang 'Potensi Pengembangan SDM Vokasi Pariwisata Menyambut Rebound Pariwisata Nasional'.

Baca juga: Pemulihan Pariwisata Bali Mencapai 50 Persen dari Sebelum Pandemi Covid-19 Melanda Indonesia

Baca juga: Kunjungi Dusun Semilir, Sandiaga Uno Buktikan Pelaku Usaha Parekraf Siap Sambut Era Pariwisata Baru

Industri pariwisata Indonesia memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan. Keindahan alam dan keragaman budayanya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan nasional maupun internasional.

Namun, pandemi COVID-19 satu tahun terakhir dirasakan sangat berdampak pada sektor pariwisata nasional, maupun global.

Hadirnya vaksin COVID-19 di awal 2021 membawa angin segar dan diproyeksikan mampu menekan penularan COVID-19 sekaligus membangkitkan gairah pariwisata Indonesia. Diprediksi, pariwisata Indonesia akan kembali ’booming’ pada semester II tahun 2021 ini.

Baca juga: Larangan Mudik Berlaku, Waktunya Hotel Berbintang Tebar Diskon Besar

Baca juga: Wujudkan Pariwisata Ramah Lingkungan, Sandiaga Uno Gandeng Toyota Hadirkan Mobil Listrik di Bali

Peran penting

Menurut Ekonom dari Institute for Development on Economic and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira Adhinegara, pariwisata memiliki peran yang penting dalam perekonomian.

Sebelum pandemi, sektor pariwisata menyumbang devisa 20 miliar US Dolar.

Penurunan kasus harian dan hadirnya vaksin akan mendorong pemulihan sektor pariwisata, yang diprediksi berangsur membaik di semester II tahun 2021 ini.

”Selain potensi devisa yang besar, sektor pariwisata berkontribusi menyerap 13 juta tenaga kerja atau sebesar 10,2% dari total tenaga kerja nasional.  Ini adalah jumlah yang cukup besar dibandingan dengan sektor lain,” papar Bhima dalam Webinar Insight from IdeA, Rabu (30/3/2021) lalu.

Tenaga kerja

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved