Breaking News:

Berita Bogor

Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan Sebut Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka Cegah Pelajar Candu Gadget

Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan sebut uji coba pembelajaran tatap muka cegah pelajar candu gadget.

Wartakotalive.com/Hironimus Rama
Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan sebut uji coba pembelajaran tatap muka cegah pelajar candu gadget. 

WARTAKOTALIVE.COM, CIBINONG - Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan, sebut uji coba pembelajaran tatap muka cegah pelajar candu gadget.

Meskipun mendapat teguran dari Ombudsman Jakarta Raya karena adanya pelanggaran administrasi dan protokol kesehatan, Pemerintah Kabupaten Bogor terus melanjutkan uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di 170 sekolah di wilayah ini.

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan, mengatakan, uji coba pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas ini dilakukan sebagai salah satu upaya Pemkab Bogor untuk menghadirkan pendidikan berkualitas.

“Uji coba PTM ini digelar untuk menjaga kualitas pendidikan dan meminimalisir kecanduan gadget di kalangan pelajar,” kata Iwan di Cibinong, Senin (5/4/2021).

Baca juga: Pembelajaran Tatap Muka Ditargetkan Juli 2021 Pemkab Bogor Gencar Vaksinasi Guru dan Tenaga Pendidik

Iwan Setiawan menambahkan bahwa sejauh ini tidak ada kendala yang signifikan dalam pelaksanaan PTM terbatas.

“Mayoritas sekolah yang jadi percontohan atau model, telah memenuhi kriteria dan persyaratan baik ketersediaan sapras maupun penunjang lainnya,” ujarnya.

Baca juga: Percepat Proses Vaksinasi Covid-19 Pemkab Bogor Diimbau Gandeng Pihak Swasta Gelar Vaksin Drive Thru

Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Bogor ini menegaskan bahwa pelaksanaan PTM terbatas ini merupakan ikhtiar untuk mengakomodir kekhawatiran stakeholder pendidikan terhadap kondisi anak yang mulai kecanduan gadget. 

“Hasil survei Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) kepada 25.164 anak di 34 provinsi yang dirilis pada diawal 2021, menyatakan bahwa 79% anak tidak memiliki aturan penggunaan gawai, kemudian 34,8 %  anak gunakan gawai 3-5 jam perhari atau sekitar 25,4 % gunakan gawai lebih dari 5 jam perhari,” jelasnya.

Iwan menyatakan, uji coba PTM terbatas di Kabupaten Bogor dilaksanakan di 170 sekolah mulai dari SD, SMP, dan SMA pada 9 Maret – 10 April 2021.

Nadiem Makarim izinkan pembelajaran tatap muka, Pemkab Bogor akan lakukan uji coba.
Nadiem Makarim izinkan pembelajaran tatap muka, Pemkab Bogor akan lakukan uji coba. (Wartakotalive.com/Hironimus Rama)

Uji coba PTM dilakukan dengan proses yang ketat. Di antaranya skrining hingga kelengkapan sarana prasarana protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan sebagai panitia penyelenggara. 

Halaman
12
Penulis: Hironimus Rama
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved