Breaking News:

Mulai 1 April 2021 di 4 Bandara Ini Mulai Bisa Menggunakan Genose C19 untuk Syarat Penumpang Pesawat

Transportasi udara untuk perjalanan domestik akan mulai menggunakan GeNose C19 sebagai alat deteksi dini untuk pengecekan penumpang negatif Covid-19.

Penulis: Mohamad Yusuf | Editor: Mohamad Yusuf
Wartakotalive/Joko Supriyanto
(Ilustrasi) Sejumlah calon penumpang mencoba tes GeNose di Stasiun Pasar Senen Jakarta Pusat, Jumat (5/2/2021). Penggunaan GeNose C19, alat untuk mendeteksi dini Ccovid-19 yang berbasis embusan napas mulai diterapkan di empat bandara, 1 April 2021. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Penggunaan GeNose C19, alat untuk mendeteksi dini Ccovid-19 yang berbasis embusan napas mulai diterapkan di empat bandara, 1 April 2021.

GeNose C19 ini akan menjadi alternatif skrining kesehatan pelaku perjalanan orang dalam negeri pada moda transportasi udara.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto mengatakan hal itu menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 12 Tahun 2021.

Di mana transportasi udara untuk perjalanan domestik akan mulai menggunakan GeNose C19 sebagai alat deteksi dini untuk pengecekan penumpang negatif Covid-19.

Baca juga: Tak Percaya Akibat hanya Tersambar Petir, Pengamat Ini Sebut Kilang Minyak Balongan Diduga Dibakar

Baca juga: Miris! Desa Sukamaju Bogor hingga kini tak Memiliki Kantor Desa, Kades Ini Rela Gunakan Rumahnya

Baca juga: Ahok Buka Suara Terkait Kebakaran Kilang Balongan Indramayu, Sebut Pertamina Begini

"Kami akan mulai menggunakan GeNose C19 sebagai salah satu alternatif persyaratan calon penumpang untuk dapat terbang, namun saat ini akan dimulai di 4 bandar udara," kata Novie dalam siaran tertulisnya, Kamis (1/4/2021).

Novie memaparkan bahwa 4 bandara yang akan menerapkan alat GeNose  secara bertahap , yakni:

1. Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang.

2. Bandara Husein Sastranegara, Bandung.

3. Bandara Internasional Yogyakarta.

4. Bandara Internasional Juanda, Surabaya.

"Akan  dimulai sejak  1 April 2021, meskipun akan terbatas, namun akan terus dilakukan penambahan dan penyempurnaan dalam  pelaksanaannya, dan penumpang juga dapat menggunakan  RT-PCR dan Rapid Test Antigen ." Jelasnya.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved