Breaking News:

Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja, Awalnya hanya 15 Pendaftar setelah Satu Tahun Capai 55,6 Juta Orang

Hingga saat ini, pemerintah telah membuka tiga gelombang Kartu Prakerja, mulai dari gelombang 12 hingga gelombang 14.

Istimewa
ILUSTRASI Program Kartu Prakerja. Di awal program hanya ada 15 orang yang mendaftar. Kini, setelah 14 gelombang dibuka pendaftarnya mencapai 55,6 juta dari 514 kabupaten/kota di 34 provinsi dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote. 

Program Kartu Prakerja menghadirkan 165 lembaga pelatihan dengan 1.700 jenis pelatihan.

WARTAKOTLIVE.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pendaftar kartu Pra Kerja mencapai 55,6 juta orang yang berasal dari 514 kabupaten/kota di 34 Provinsi.

Hal itu disampaikan Airlangga dalam sambutan acara Pengarahan Presiden Jokowi pada penerima Kartu Pra Kerja di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, (17/3/2021).

"Di awal program ini hanya ada 15 orang dan ini dilaunching tepat 60 hari pada tanggal 11 April 2020 hingga gelombang ke-14. Saat ini, pendaftarnya mencapai 55,6 juta dari 514 kabupaten/kota di 34 provinsi dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote," kata Airlangga.

Sedot Aggaran Puluhan Triliun Rupiah, Efek Kartu Prakerja Dinilai Kecil untuk Dongkrak Perekonomian

Dari jumlah pendaftar tersebut, lanjutnya, 5,5 juta orang telah terpilih sebagai peserta program kartu Pra Kerja dengan serapan anggaran sebesar Rp 19,98 triliun dari total anggaran Rp 20 triliun atau 99,9 persen. Sedang pesertanya, berasal dari berasal dari berbagai latar belakang.

"Nah di sini yang pesertanya termasuk perempuan penyandang disabilitas dari Daerah Tertinggal dan peserta dengan pendidikan SD, SMP, Lansia, dan Pekerja Migran Indonesia, mayoritas tidak bekerja berusia muda, terdidik, dan belum pernah mengikuti kursus," katanya.

Kartu Prakerja Gelombang 14 Sudah Tutup, Ini Manfaatnya Buat yang Mau Ikutan Program Ini

Tips Lolos Seleksi Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 14, Ini 2 Kesalahan yang Sering Terjadi

Target kuota

Lebih lanjut dipaparkan, untuk semester I-2021 target kuota peserta Kartu Prakerja sebanyak 2,7 juta dan bisa terpenuhi dalam dua pekan ke depan.

Hingga saat ini, pemerintah telah membuka tiga gelombang Kartu Prakerja, mulai dari gelombang 12 hingga gelombang 14.

Dari masing-masing gelombang, jumlah kuota yang dibuka yakni sebanyak 600.000 orang. Dengan demikian, saat ini jumlah kuota yang masih tersisa sebanyak 900.000.

17 Platform

Program Kartu Prakerja yang sudah berjalan satu tahun ini merupakan kartu yang digagas Presiden untuk memberikan bantuan pelatihan kepada masyarakat.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved