Breaking News:

Setelah Jadi Kampung Tangguh Jaya, RW 09 Grogol Masuk Zona Hijau

Kemudian pada 27 Januari 2021, Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo menetapkan wilayah tersebut menjadi kampung tangguh

Penulis: Desy Selviany | Editor: Agus Himawan
Warta Kota
Warga RW 09 Grogol, Grogol Petamburan, Jakarta Barat resmi menjadi Kampung Tangguh Jaya 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Hanya butuh waktu dua minggu bagi RW 09, Grogol, Grogol Petamburan, Jakarta Barat untuk masuk ke zona hijau Covid-19. Proses bebas Covid-19 dirasa jauh lebih cepat saat RW itu ditetapkan sebagai Kampung Tangguh Jaya oleh Polda Metro Jaya. Hal itu diungkapkan Ketua RW 09 Grogol Zainuddin Nur saat ditemui Senin (8/3/2021).

Zainuddin mengatakan, sudah sejak 10 Februari 2021 lalu 11 RT di RW 09 Grogol dinyatakan bebas Covid-19. Sebelumnya kata Zainuddin, RW 09 Grogol sempat masuk zona merah Covid-19 pada September 2020.

Di bulan itu pertama kalinya terdapat kasus Covid-19 yang langsung menjadi klaster dengan 46 penularan. Kemudian mulai dari kasus klaster tersebut, jajaran RW09 mulai melakukan program-program untuk menyelesaikan masalah Covid-19.

Baca juga: PPKM Mikro Diperpanjang 9-22 Maret 2021, Ada 10 Provinsi yang Menerapkan, Berikut Aturannya

Baca juga: VIDEO 221 Prajurit Siswa Dikmaba TNI AD Wanita TA 2020⁣ Dilantik di Pusdik Kowad

“Dulu saat kami berupaya menuju zona hijau dari zona merah butuh waktu tiga bulan. Sampai akhirnya Desember 2020 RW 09 Grogol masuk zona hijau,” jelas Zainuddin ditemui di Pos RW 09 Grogol. Akan tetapi predikat zona hijau yang dipegang tidak berlangsung lama. Kurang dari sebulan terdapat lagi penularan Covid-19 di RW09 sehingga kembali masuk ke zona merah.

Kemudian pada 27 Januari 2021, Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo menetapkan wilayah tersebut menjadi kampung tangguh. Dari mulai ditetapkan sebagai kampung tangguh, RW 09 Grogol mulai menjalankan beberapa program yang sempat dijalankan pada September 2020.

Bedanya, di kali ini program tersebut lebih dikencangkan karena melibatkan jajaran kepolisian, TNI, dan Satpol PP.
Misalnya saja program razia masker yang digencarkan sepekan hingga tiga kali. Dari razia tersebut, pihak RW melibatkan Bimas dan Babinsa dalam menertibkan warga yang enggan memakai masker.

“Di situlah efeknya program Kampung Tangguh Jaya mulai terasa. Dimana dulu kami butuh tiga bulan untuk masuk zona hijau tapi sejak ada program ini hanya butuh waktu dua minggu untuk kembali ke zona hijau,” jelasnya.

Baca juga: Terima Majelis Wali Amanat UI, Wapres Bicara Soal SDM Indonesia di 2045

Baca juga: Sidang Gugatan Pemecatan 6 Kader Partai Demokrat oleh AHY Digelar 23 Maret

Maka dari itu, pihak RW 09 Grogol berterima kasih dengan adanya program Kampung Tangguh Jaya yang digagas Polda Metro Jaya. Karena keterlibatan Polisi, TNI, dan Pemkot Jakarta Barat membuat RW 09 Grogol lebih efektif dalam menjalankan program penyelesaian Covid-19.

Selain itu, karena ada keterlibatan Polda Metro Jaya, pihak RW 09 juga jadi lebih rutin memberikan ramuan empon-empon kepada warga.

Apabila dulu mereka hanya dapat memberikan empon-empon kepada warga yang positif Covid-19, saat ini mereka bisa memberikan ramuan tersebut ke seluruh warga setiap akhir pekan. Ramuan yang disebut ampuh meningkatkan daya tahan tubuh itu diproduksi sendiri oleh RW 09 Grogol dengan melibatkan Ibu-ibu PKK.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved