Breaking News:

PSBB Jakarta

Anies Baswedan: Hujan Ekstrem Landa Jabodetabek, DKI Perpanjang PSBB hingga 8 Maret 2021

Anies Baswedan menyatakan, masyarakat tak boleh lengah dan harus tetap disiplin 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak).

Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Gubernur Anies Baswedan menyatakan bahwa masyarakat tak boleh lengah dan harus tetap disiplin 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak). Foto ilustrasi: Gubernur Anies Baswedan didampingi petugas BPBD DKI dan pejabat Pemkot Jaksel. Anies sempat melihat ketinggian air di Kali Krukut dari jembatan di Jalan Kemang Raya. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bahwa masyarakat tak boleh lengah dan harus tetap disiplin 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak).

Masyarakat tak boleh lengah dan harus tetap disiplin 3M, kata Anies Baswedan sebagaimana dikutip Antara, Senin (22/2/2021), meskipun terjadi penurunan, baik itu kasus aktif, tingkat keterisian tempat tidur isolasi, maupun ICU.

Terlebih tantangan untuk mempertahankan laju penurunan kasus aktif ini bertambah ketika hujan ekstrem yang melanda Jabodetabek dalam beberapa hari belakangan.

Video: Anies Takziah ke Rumah Bocah Tenggelam di Kembangan, Sampaikan Belasungkawa

Hujan ekstrem itu menyebabkan genangan, sehingga menuntut sebagian warga Jakarta untuk berada di tempat pengungsian.

"Kami di Pemprov DKI menyiapkan berbagai posko pengungsian dengan protokol kesehatan yang ketat, fasilitas untuk testing bagi pengungsi yang bergejala, bahkan tenda isolasi terkendali bagi yang ditemukan positif," tutur Anies.

Meski tren menunjukkan penurunan yang cukup signifikan, Anies juga menegaskan bahwa pihaknya tetap akan meningkatkan kemampuan pengujian, penelusuran, dan perawatan.

Baca juga: Anies Sebut RW 04 Cipinang Melayu Bebas Banjir, Ketua Fraksi Golkar DKI: Ada Salah Informasi

Baca juga: Anies: Alhamdulillah Banyak Warga yang Sudah Kembali ke Rumah

Hal itu dilakukan dengan cara meningkatkan jumlah testing, menggalang kordinasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk melakukan tracing, serta terus meningkatkan kapasitas ketersediaan ICU dan tempat isolasi terkendali, yang di dalam hal ini hotel maupun RSD Wsma atlet.

"Keberadaan tempat isolasi terkendali ini sangat membantu untuk menekan penyebaran virus, apalagi klaster keluarga masih mendominasi jumlah klaster yang di Jakarta. Sehingga saat ada yang terpapar lalu diisolasi maka akan menurunkan resiko menularkan virus ke anggota keluarga lainnya," ucap Anies.

DKI Jakarta memperpanjang pembatasan sosial berskala besar (PSBB) hingga 8 Maret 2021 dengan tujuan menekan laju penurunan kasus aktif sekaligus menjaga penurunan keterisian tempat tidur isolasi di Jakarta.

Baca juga: VIDEO Gubernur Anies Bersyukur 24 Jam Banjir Cengkareng Surut

Halaman
12
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved