Breaking News:

Menteri Basuki Nyatakan Pengerjaan Perbaikan Tanggul PGP yang Jebol Selesai 4 Hari

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan perbaikan tanggul jebol di perumahan Pondok Gede Permai, Jatiasih, Kota Bekasi diperkirakan empat hari.

Warta Kota/Rangga Baskoro
Tanggul Perumahan Pondok Gede Permai, Jatiasih Bekasi yang jebol. 

WARTAKOTALIVE.COM, Jatiasih -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memerintahkan jajarannya untuk segera menutup tanggul jebol di perumahan Pondok Gede Permai (PGP), Jatiasih, Kota Bekasi.

Diketahui bahwa tanggul sepanjang 60 meter yang menahan air Kali Bekasi tepat di belakang perumahan warga, jebol pada Minggu (14/2/2021) lalu.

Baca juga: Akibat Air Pasang dan Tanggul Jebol, Ketinggian Banjir Rob di Komplek Pantai Mutiara Capai 1 Meter

Basuki menjelaskan perbaikan sementara jebolnya tanggul akan dilakukan dengan cara menutupnya menggunakan geobag.

"Sekarang ini, sekitar 60 meter tanggul yang roboh akan segera kita tangani dengan geo bag, bukan sand bag, sedang diisi dengan pasir di seberang sana (jembatan) karena di sini enggak ada tempat," kata Basuki di lokasi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau lokasi banjir di PGP, Jatiasih, Bekasi, Sabtu (20/2/2021).
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau lokasi banjir di PGP, Jatiasih, Bekasi, Sabtu (20/2/2021). (Warta Kota/Junianto Hamonangan)

Pengerjaannya sendiri akan dilakukan ketika banjir surut. Basuki juga meminta jajarannya untuk langsung mengerjakan perbaikan tanggul pada hari ini.

Baca juga: Delapan Kali Kebanjiran Akibat Tanggul Jebol, Warga BSI Bojongsari Depok Merasa Tak Diperhatikan

Pasalnya BBWSCC menerima informasi bahwa hujan masih akan terus mengguyur wilayah Jabodetabek hingga Maret 2021.

"Hari ini sudah mulai di stok di sini. Begitu surut, alat bisa masuk dan segera kami tutup. Mudah-mudahan hari ini bisa segera dikerjakan. Sambil menunggu ini surut sekira tiga hari kita bisa tutup itu (tanggul) yang bocor karena kalau menurut BBWSCC kan masih hujan terus sampai bulan Maret," tuturnya.

Basuki meyakini setelah tanggul ditutup geobag, air tidak akan begitu banyak meluap ke permukiman warga seperti yang terjadi saat banjir Jumat (19/2/2021) kemarin dan Sabtu ini.

Baca juga: Delapan Kali Kebanjiran Akibat Tanggul Jebol, Warga BSI Bojongsari Depok Merasa Tak Diperhatikan

"Ketutup kalau dengan geobag, enggak akan ada bocor lagi. Kalau perbaikan permanen dengan sheet pile, dibikin tanggul yang permanen pelaksanaan sudah ada. Kalau yang geobag ini sementara untuk menutup yang jebol, tiga hari empat hari digarap kan bisa selesai," ungkap Basuki. 

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved