Respons Pernyataan Jusuf Kalla, Mahfud MD: Keluarga JK Juga Pernah Lapor ke Polisi

Menurut Mahfud MD, sejak JK menjabat wapres, pemerintah telah dihadapkan pada dilema dalam menghadapi kritik.

Editor: Yaspen Martinus
Kolase Wartakotalive.com/Istimewa
Mahfud MD menanggapi pernyataan Jusuf Kalla terkait kritik terhadap pemerintah. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menanggapi pernyataan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), terkait kritik terhadap pemerintah.

Menurut Mahfud MD, sejak JK menjabat wapres, pemerintah telah dihadapkan pada dilema dalam menghadapi kritik.

Dilema tersebut, kata Mahfud MD, adalah jika kritik ditindak, maka pemerintah akan disebut diskriminatif, namun jika tidak ditindak, maka kritik tersebut akan menjadi liar.

Baca juga: Ahok Lebih Pilih Punya Nama Baik Ketimbang Disebut Legenda Politik

Mahfud MD menilai pernyataan JK tersebut bukan bermaksud untuk mengatakan mereka yang saat ini mengkritik pemerintah takut dipanggil oleh polisi.

"Nah, itu konteksnya pernyataan Pak JK, bukan Pak JK itu ingin mengatakan sekarang ini kalau mengkritik takut dipanggil polisi."

"Karena nyatanya juga tidak gitu," kata Mahfud MD dalam video yang diterima dari Tim Humas Kemenko Polhukam, Minggu (14/2/2021).

Baca juga: Lewati Arus Deras, KITA Salurkan Bantuan Kebutuhan Pokok dan Obat-obatan untuk Korban Banjir Subang

Ia pun mengingatkan sejumlah polemik yang muncul akibat dilema tersebut di masa pemerintahan JK, di antaranya Saracen, Muslim Cyber Army, dan Piyungan.

"Nah, di zaman Pak JK itu kita masih ingat ada misalnya Saracen, ada Muslim Cyber Army, ada Piyungan, yang sampai setiap hari menyerang-nyerang pemerintah."

"Kan ada di zaman Pak JK juga. Ketika mau ditindak orang ribut, ketika tidak ditindak juga orang ribut," tutur Mahfud MD.

Baca juga: PKB Lirik Raffi Ahmad-Agnes Monica di Pilgub DKI 2024, Dianggap Punya Empati Kuat pada Nasib Rakyat

Mahfud MD menegaskan, pemerintah tidak bisa menghalangi masyarakat yang ingin melaporkan kelompok yang kritis ke polisi.

Hal itu karena menurut Mahfud MD masyarakat memiliki hak untuk melapor ke polisi.

Bahkan, Mahfud MD juga mengungkapkan sejumlah kasus di mana keluarga JK melaporkan sejumlah kasus pelaporan ke polisi dari keluarga JK, di antaranya pelaporan terhadap mantan politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean atas dugaan fitnah.

Baca juga: Aparat yang Bisa Turunkan Angka Kasus Covid-19 Bakal Dapat Ganjaran Ini dari Kapolda Metro Jaya

Untuk itu, Mahfud MD menegaskan pernyataan Presiden Joko Widodo bahwa pemerintah terbuka terhadap kritik, merupakan sikap yang sungguh-sungguh dan menjadi sikap dasar pemerintah di dalam mengelola negara.

"Silakan kritik karena pemerintahan yang sehat, pemerintahan demokratis yang sehat itu yang memang terbuka terhadap kritik."

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved