Breaking News:

Info DPRD Kota Bogor

DPRD Kota Bogor Tetapkan Rencana Kerja Tahun Sidang 2021

Rapat Paripurna ini, selain menetapkan Rencana Kerja Tahun Sidang 2021, juga menetapkan empat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) menjadi Perda.

Dok. Humas DPRD Kota Bogor
Rapat Paripurna DPRD Kota Bogor 

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR — DPRD Kota Bogor telah menetapkan Keputusan DPRD Kota Bogor tentang Rencana Kerja Tahun Sidang 2021 pada Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD, Atang Trisnanto, S.Hut. M.Si, Rabu (30/9/2020) lalu.

Rapat Paripurna ini, selain menetapkan Rencana Kerja Tahun Sidang 2021, juga menetapkan empat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda). 

Selain itu, Rapat Paripurna DPRD Kali ini juga mengagendakan pengambilan Keputusan DPRD Kota Bogor tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020.

Sebelum ditetapkan, Rencana Kerja DPRD Kota Bogor Tahun 2021 tersebut,  Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kota Bogor telah melaksanakan kegiatan penyusunan  dan pembahasan Rencana Kerja tersebut.

Pelaksanaan kegiatan itu antara lain ; Pembahasan mulai  31 Januari 2020 sampai dengan September 2020. Dalam pelaksanaannya Banmus DPRD Kota Bogor dalam penyusunan Rencana Kerja ini melibatkan Fraksi-Fraksi dan Alat-Alat Kelengkapan DPRD untuk memberikan masukan terhadap rencana kerja kegiatan DPRD.

Selain itu Banmus telah melakukan Koordinasi dan Konsultasi untuk mendapatkan bahan referensi terkait pembahasan dan penyususnan Rencana Kerja Tahun Sidang 2021.

Seperti dilaporkan Banmus DPRD Kota Bogor yang disampaikan Wakil Ketua III DPRD Kota Bogor Eka Wardhana, SIP. pada Rapat Paripurna itu menyebutkan bahwa, Rencana Kerja tersebut berpedoman pada ketentuan peraturan perundang-undangan yang kemudian disinkronkan dengan kondsi yang berkembang dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kota Bogor.

Wakil Ketua DPRD Kota Bogor, Eka Wardhana, SIP.
Wakil Ketua DPRD Kota Bogor, Eka Wardhana, SIP. (Dok. Humas DPRD Kota Bogor)

Berdasarkan kegiatan yang dilaksanakan Banmus, sambung Eka Wardana, SIP, didapat hasil pembahasan  Rencana Kerja berdasarkan Fungsi DPRD antara lain Program Legislasi Daerah (Prolegda) atau Program Pembuatan Peraturan Daerah (Propemperda) dengan 14 Kegiatan.

Sebanyak 14 kegiatan itu antara lain Penyusunan Peraturan DPRD, Keputusan DPRD dan Keputusan Pimpinan DPRD, Penyusunan Naskah Akademis Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) usul DPRD, Penyiapan Raperda usul DPRD, Pengkajian dan evaluasi efektifitas pelaksanaan Perda, Penyusunan Perubahan Program Legislasi Daerah (Prolegda) Tahun 2021, dan Penyusunan Prolegda Tahun 2021.

Selain itu juga kegiatan Pengawasan terhadap Penyusunan dan Pelaksanaan Peraturan Wali Kota dan Keputusan Wali Kota, Penyempurnaan berdasarkan hasil Evaluasi Gubernur Jawa Barat terhadap Raperda Kota Bogor yang telah disetujui, Sosialisasi Perda Kota Bogor. Pembahasan Peraturan DPRD tentang Perubahan Tata Tertib DPRD Kota Bogor, serta Pembahasan Peraturan DPRD tentang Kode Etik DPRD Kota Bogor dan Tata Berencana Badan Kehormatan.

Halaman
123
Editor: Ichwan Chasani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved