Breaking News:

Virus Corona

Saat Pandemi Virus Corona, Operasi Bibir Sumbing pada Anak-anak Terpaksa Ditunda

Tersenyum menjadi kesulitan tersendiri bagi anak-anak yang mengalami bibir sumbing. Saat ini, operasi bibir sumbing ditunda karena Covid-19.

Warta Kota/Nur Ichsan
Ilustrasi bayi berbibir sumbing 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Senyum itu mudah, dan berkah. Memberikan senyuman atau yang menerima akan mendapatkan kesan positif.

Namun kegiatan sederhana itu menjadi hal  sulit bagi anak-anak yang mengalami kelainan celah bibir atau awam menyebut bibir sumbing.

Setiap hari, sebanyak 540 bayi di dunia terlahir dengan celah bibir dan/atau langit-langit, kondisi kesehatan serius yang berpotensi menyebabkan berbagai komplikasi.

Bibir sumbing pada anak dapat menyebabkan  kesulitan makan, bernapas, mendengar, dan berbicara.

Baca juga: VIDEO: Rayakan Hari Jadi, Brimob Polri Gelar Operasi Gratis Bagi Pengidap Hernia dan Bibir Sumbing

Baca juga: Rayakan Hari Jadi, Brimob Polri Gelar Operasi Gratis bagi Pengidap Hernia dan Bibir Sumbing

Deasy Larasati, Program Director & Country Manager Smile Train Indonesia mengatakan, pada Oktober 2020 ini diadakan kampanye World Smile Day.

"Kami ingin membawa pesan bahwa senyuman, yang biasa kita lakukan sehari-hari adalah sesuatu yang anak-anak ini masih belum bisa lakukan," ujar Deasy seperti dikutip dari siaran pers, belum lama ini.

Sementara itu, dr Tompi yang juga berkolaborasi dengan Smile Train Indonesia membagikan cerita tentang dedikasi dan perhatiannya terhadap pasien penderita bibir sumbing di Indonesia.

Dokter yang juga penyanyi itu mengatakan, musik dan tarian sebagai salah satu cara manusia mendapatkan kebahagiaan dan tersenyum.

Bahagia dan senyum, kata Tompi, menjadi penting terutama dalam situasi pandemi virus corona karena terbatas beraktivitas.

"Saya sangat senang bisa berkolaborasi dengan Smile Train Indonesia dalam kampanye World Smile Day ini, untuk memberikan kebahagiaan, senyuman, dan harapan," kata Tompi.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved